Kendaraan yang terbawa arus banjir bandang di Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.  ANTARA FOTO/Iman Firmansyah/aww.
Kendaraan yang terbawa arus banjir bandang di Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Iman Firmansyah/aww.

Banjir Bandang Sukabumi Dipicu Gelombang Rossby

Nasional banjir banjir bandang bencana banjir
Antara • 22 September 2020 08:29
Jakarta: Banjir bandang di wilayah Kabupaten Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat, pada Senin, 21 September 2020, akibat hujan lebat yang dipicu kondisi atmosfer yang labil. Selain itu, juga diperkuat adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial serta adanya daerah pertemuan angin (konvergensi).
 
"Kombinasi dari ketiga fenomena atmosfer ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Jawa Barat," kata Deputi bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Guswanto, melansir Antara, Selasa, 22 September 2020.
 
Banjir bandang terjadi pada Senin, 21 September 2020, di wilayah Kabupaten Bogor dan Sukabumi yang diakibatkan oleh kejadian hujan lebat. Curah hujan intensitas tinggi hingga 110 mm dalam periode empat jam, yakni mulai pukul 15.00-19.00 WIB teramati di Citeko.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait kejadian tersebut, BMKG telah mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrem skala waktu tiga jam untuk wilayah Jawa Barat sebelum terjadinya banjir bandang pada 21 September 2020 sebanyak 5 kali, mulai pukul 13.45 WIB hingga 22.50 WIB.
 
Baca:Banjir di Sukabumi Rusak Jembatan Antar Kampung

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif