Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin. (Foto: ANTARA/M Fikri Setiawan)
Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin. (Foto: ANTARA/M Fikri Setiawan)

Pemkab Bogor Minta Bantuan Pemerintah Garap Jalur Puncak II

Nasional Penataan Kawasan Puncak
Rizky Dewantara • 26 Februari 2020 09:18
Bogor: Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, meminta bantuan kepada pemerintah pusat terkait penggarapan Jalur Poros Tengah Timur atau jalur Puncak II.
 
Bupati Bogor Ade Yasin mengungkapkan pihaknya telah melayangkan proposal terkait pembangunan infrastruktur itu ke Komisi V DPR termasuk ke kementerian.
 
"Secara khusus sudah saya sampaikan juga ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) soal pembangunan jalur Puncak II," ujar Ade, Rabu, 26 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Bupati Bogor Nekat Kerahkan TNI Bangun Jalur Puncak II
 
Menurut Ade, respons DPR baik. Hanya, keputusan pembangunan bergantung pada kementerian juga Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).
 
"Bantuan tidak harus berupa dana. Jika pemerintah pusat memiliki program khusus untuk jalur Puncak II dan kami hanya menerima hasilnya saja itu lebih baik," ungkapnya.
 
Ade mengatakan pembangunan jalur Puncak II harus segera dilakukan sebagai jalur alternatif untuk memecah kemacetan lalu lintas di kawasan Puncak Bogor yang semakin parah.
 
"Kami tidak mau membangun jalan tol karena tidak akan berdampak terhadap masyarakat sekitar," kata dia.
 
Baca juga: Pembangunan Jalur Puncak 2 Segera Terealisasi
 
Lebih lanjut, kata Ade, pada 2019 pihaknya sudah membuka jalur dari Tanjung Sari hingga Cianjur. Namun untuk jalur Puncak II dengan skala lebih panjang dan luas tidak bisa dikerjakan sendiri.
 
"Panjangnya 46 kilometer dengan lebar 16 meter, untuk pembebasan lahan sudah aman bahkan Bupati cianjur sudah merespon baik terkait rencana pembangunan jalur Puncak II," bebernya.
 
Ia menambahkan Pemkab Bogor juga telah menyiapkan analisis dampak lingkungan jika nanti jalur Puncak II digarap. Termasuk antisipasi potensi banjir.
 
"Pemkab Bogor akan membangun Waduk Cijurey di Kecamatan Sukamakmur dan Waduk Cibeet di Kecamatan Tanjungsari. Itu bisa mengatasi kekhawatiran soal banjir," pungkasnya.

 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif