Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu, Maulidiono.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu, Maulidiono.

Pemkot Batu Kekeh Blangko KTP-el Dicetak di Daerah

Nasional e-ktp
Daviq Umar Al Faruq • 04 November 2019 18:42
Batu: Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu, Maulidiono, setuju bila pemerintah daerah diberi kewenangan untuk pengadaan blangko Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) sendiri.
 
"Setuju, tetapi belum boleh berdasarkan aturan," katanya saat dikonfirmasi Medcom.id, Senin 4 November 2019.
 
Maulid, sapaan akrabnya, mengaku pihaknya sudah mengusulkan wacana tersebut ke pemerintah pusat. Namun hingga saat ini masih belum ada jawaban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sudah minta pusat, agar daerah diberi kewenangan untuk nyetak sendiri. Undang-undangnya enggak boleh memang," bebernya.
 
Usulan tersebut yakni, pemerintah daerah dapat mencetak blangko KTP-el sendiri. Namun, anggarannya tetap dari pemerintah pusat.
 
"Ya anggarannya dari DAK pusat. Jadi bisa lebih cepat, bisa memprediksi kebutuhan daerah, sehingga tidak sampai telat," pungkasnya.
 
Sebagai informasi ketersediaan blangko KTP-el di Kota Batu, Jawa Timur tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat. Bulan ini saja, blangko KTP-el hanya tersisa sekitar 100 keping saja.
 
Sebab, setiap minggu nya ada sekitar 1.000 hingga 1.500 masyarakat Kota Batu yang mendaftar KTP-el baru. Sedangkan, jatah blangko KTP-el yang didapat Kota Batu hanya dua ribu hingga empat ribu keping dari pemerintah pusat.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif