Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tinjau kesiapan RS Darurat covid-19 di Secapa AD, Kota Bandung. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tinjau kesiapan RS Darurat covid-19 di Secapa AD, Kota Bandung. (Foto: Istimewa)

RS Darurat Covid-19 di Secapa AD Bandung Telah Siap

Nasional Virus Korona rumah sakit rujukan covid-19
P Aditya Prakasa • 12 Januari 2021 14:07
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau kesiapan rumah sakit darurat covid-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Kota Bandung. Tempat tersebut dapat menampung sebanyak 180 pasien.
 
Pria yang akrab disapa Emil mengatakan, saat ini kelengkapan dokter dan peralatan di Secapa AD sudah memadai. Begitu juga ruang perawatan atau isolasi pasien covid-19.
 
"Ini cuma kurang internet, segera dipasang dan kita sesuaikan. Saya juga titip bikin acara kreatif untuk pasien dan tetap jaga jarak untuk menaikkan imunitas," ujar Emil, Selasa, 12 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengungkapkan Komite Penanganan Covid-19 saat saat ini sedang menyiapkan prosedur untuk rumah sakit darurat tersebut. Bahkan, pasien yang diperbolehkan datang tidak hanya dari Kota Bandung.
 
Baca juga: DIY Target Miliki 1.300 Tenaga Penyuntik Vaksin Covid-19
 
"Ini untuk wilayah minimal di daerah Priangan, misalnya Tasikmalaya, Garut, Kabupaten Bandung, dan sebagainya. Dokter dan perawat berjumlah 32 orang, sementara didatangkan dari Rumah Sakit Dustira Angkatan Darat di Cimahi, sekaligus sebagai rumah sakit pembina," kata dia.
 
RS itu darurat, lanjut Emil, diberikan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa. Dia pun berterima kasih dan berharap bisa membantu menangani masalah covid-19 di Jawa Barat.
 
"Tempat istimewa memadai saat okupansi rasio ruang isolasi di Jabar meningkat," ungkapnya.
 
Selain itu, saat ini Jawa Barat sudah masuk dalam zona oranye. Menurut Emil, hal ini merupakan pencapaian yang baik dibandingkan sejumlah provinsi lain yang saat ini level kewaspadaan masih masuk dalam zona merah.
 
"Provinsi Jabar sudah masuk dalam oranye di tingkat nasional dan ini harus kita pertahankan," jelas dia.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif