Ilustrasi. (Foto: MI/M Fahrullah)
Ilustrasi. (Foto: MI/M Fahrullah)

Pemkab Bantul Pastikan Stok Kedelai Cukup

Nasional kedelai harga kedelai Tempe
Antara • 05 Januari 2021 10:09
Bantul: Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan stok kedelai di tingkat distributor bahan pokok masih mencukupi, meski harga di pasaran mengalami kenaikan.
 
"Tidak ada kelangkaan (kedelai) di Bantul. Stok kedelai masih sangat cukup di tingkat distributor," kata Kepala Dinas Perdagangan Bantul, Sukrisna Dwi Susanto, Selasa, 5 Januari 2021.
 
Menurut dia, hasil pantauan di distributor bahan pokok wilayah Dongkelan Jalan Bantul, stok bahan baku makanan tersebut mencukupi, meski ada kenaikan harga sebesar Rp1.500 per kilogram, dari sebelumnya rata-rata Rp7.500 per kg, sekarang menjadi Rp9.000 per kg.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sudah monitoring di Pasar Bantul ada dua jenis kedelai, impor dan lokal. Terus kalau yang di toko grosir Dongkelan itu sebagian besar kedelai impor dari Amerika," paparnya.
 
Baca juga: 800 Ribu Warga Maluku Utara Siap Divaksin Covid-19
 
Dwi mengharapkan, situasi yang berkaitan dengan kedelai saat ini agar tidak dimanfaatkan untuk mencari keuntungan, yang dapat membebani konsumen kedelai atau produsen makanan yang menggunakan bahan baku kedelai itu.
 
"Tetapi yang jelas saya mengimbau kepada distributor untuk tidak menaikkan harga kedelai tanpa disertai alasan yang jelas, kasihan perajin tahu dan tempe," ungkap dia.
 
Meski demikian, Dwi mengimbau para perajin tempe tetap melakukan produksi dengan menyesuaikan harga bahan baku, agar keberlangsungan usaha untuk mendukung perekonomian tetap jalan.
 
"Apabila dengan harga kedelai yang ada sekarang belum bisa untung, bisa dengan cara mengurangi volume per bungkus tempe, tetapi tidak menaikkan harga tempe," jelas dia.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif