Wali Kota Madiun, Maidi, bersama Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi melihat kain batik di salah satu gerai perajin batik Kota Madiun. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun
Wali Kota Madiun, Maidi, bersama Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi melihat kain batik di salah satu gerai perajin batik Kota Madiun. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

Perajin Batik Kota Madiun Didorong Tembus Pasar Internasional

Antara • 02 Oktober 2021 14:56
Madiun: Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur, mendorong para perajin batik yang ada di wilayahnya untuk eksis dan mengembangkan pemasarannya di tingkat nasional bahkan hingga tembus pasar internasional.
 
Wali Kota Madiun, Maidi, sangat mengapresiasi kreativitas warganya para perajin batik. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya motif batik khas Kota Madiun yang diciptakan oleh para perajin. Semuanya otentik, unik, dan bagus.
 
"Yang pasti saya bangga, perajin batik di Kota Madiun terus berkarya dengan motif-motif khasnya. Salah satu yang khas ada motif bunga dan pecelan," kata Maidi di Madiun, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Puluhan Destinasi Wisata di Gunungkidul Pakai QR Code Pedulilindungi
 
Guna mendukung promosi dan pemasaran batik khas Kota Madiun, Pemkot Madiun telah mendirikan galeri. "Masyarakat dan pemerintah saling melengkapi. Apa yang sudah dikreasikan masyarakat coba kami wadahi dengan mendirikan galeri untuk mereka," jelas Maidi.
 
Selain mewadahi produk-produk batik khas di galeri, Pemkot Madiun juga mendukung pemasaran secara daring para perajin dengan menyediakan spot-spot internet gratis. Supaya dapat mereka gunakan dalam mendongkrak penjualan di pasar dunia maya.
 
"Tantangan pandemi, semua dibatasi. Maka daring kami kuatkan, di mana-mana ada jaringan wifi," ungkap dia.
 
Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober diharapkan menjadi momentum bagi para perajin untuk lebih aktif dalam berkarya. Orang nomor satu di Kota Madiun itu meminta para perajin dan pelaku ekonomi kreatif untuk terus semangat dan meningkatkan kualitas produknya.
 
Ketua TP PKK Kota Madiun, Yuni Setyawati Maidi, berharap batik khas Kota Madiun semakin dikenal luas. Setiap kelurahan kini telah memiliki ciri khasnya masing-masing.
 
Yuni mempunyai cita-cita untuk menggelar peragaan busana menampilkan produk batik lokal, kelak ketika pandemi covid-19 sudah mereda.
 
"Untuk menunjukan batik kelurahan siap go international kami ingin kelak mengadakan peragaan busana. Kami juga terus mendorong kreativitas dan inovasi ibu-ibu perajin dalam membuat bermacam motif khas dengan berbagai pelatihan," ungkap Yuni.
 

 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif