ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Anak di Bawah 18 Tahun di Kepri Wajib Tes Antigen Sebagai Syarat Perjalanan

Nasional Mudik Lebaran vaksinasi Vaksinasi covid-19 Vaksin Booster Tes Antigen
Antara • 17 April 2022 17:46
Kepri: Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan anak dan remaja usia 6-17 tahun wajib tes antigen sebagai syarat perjalanan ke luar provinsi. Syarat ini wajib dipenuhi meski sudah divaksinasi dosis kedua.
 
Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan aturan ini berdasarkan Surat Edaran Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022. Namun dalam surat edaran tersebut tidak tertuang secara emplisit, melainkan hanya untuk usia di bawah 6 tahun dan 18 tahun ke atas.
 
"Kami masih menunggu aturan yang tegas dari pusat terkait syarat perjalanan antardaerah atau antarprovinsi untuk warga usia 7-17 tahun," ujar Yudiana, Minggu, 17 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Dinkes Aceh Stok 70 Ribu Rapid Antigen Antisipasi Covid-19 jelang Lebaran
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Bisri, mengatakan Kemenkes minta waktu hingga Senin, 18 April 2022, untuk mengatur syarat perjalanan antardaerah dan antarprovinsi untuk warga usia 7-17 tahun.
 
"Usulan Gubernur Kepri agar ada kebijakan syarat perjalanan antardaerah dan antarprovinsi yang memudahkan warga usia 7-17 tahun yang sudah vaksin dosis kedua," ujar Bisri.
 
Koordinator relawan covid-19 Kepri Rudy Chua menduga ada unsur kelalaian Satgas Penanganan Covid-19 dalam membuat aturan sehingga terjadi kekosongan hukum. SE Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16/2022 tidak mengatur syarat perjalanan dalam negeri untuk usia 7-17 tahun sehingga menimbulkan asumsi.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif