Bondan Nusantara. Foto: instagram
Bondan Nusantara. Foto: instagram

Bondan Nusantara, Maestro Seni Ketoprak di Yogyakarta Meninggal

Nasional Obituari meninggal dunia ketoprak
Ahmad Mustaqim • 20 April 2022 19:28
Yogyakarta: Sang maestro seni pertunjukan ketoprak di Yogyakarta, Bondan Nusantara, meninggal pada Rabu, 20 April 2022. Bondan meninggal di kediamannya Desa Kasongan, Kecamatan Kasihan, Bantul. 
 
"Saya mendapat informasi itu dari keluarga almarhum. Beliau meninggal sekitar jam 15.00 WIB tadi di rumahnya di Kasongan," kata seniman Butet Kertaredjasa sekaligus kolega Bondan dihubungi via sambungan telepon, Rabu, 20 April 2022.
 
Kendati pihak keluarga telah memberi kabar dirinya, Butet belum tahu pasti penyebab Bondan meninggal. Ia juga belum tahu kapan jenazah akan dimakamkan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Posisi) saya masih di luar kota belum tahu," ujar seniman yang pernah mengisi acara Sentilan Sentilun di Metro TV ini. 
 
Di mata Butet, Bondan sosok yang konsisten menghidupi dan memopulerkan ketoprak ke masyarakat. Di sisi lain, Butet juga menilai Bondan merupakan orang yang sederhana. 
 
Sesama seniman, Butet sudah lama mengenal Bondan. Bahkan dirinya pernah mengembangkan kelompok kesenian ketoprak Sapta Mandala.
 
Baca: Warga Malang Ditemukan Tewas Usai Tenggelam 4,5 Jam
 
"Saya senyampaikan bela sungkawa. Mudah-mudahan beliau ada penerusnya. Ada yang meneruskan mengembangkan seni ketoprak," ucapnya. 
 
Dari sejumlah literatur, Bondan Nusantara yang lahir 6 Oktober 1952 merupakan pelaku sekaligus penulis naskah ketoprak. Bondan belajar menulis naskah ketoprak dari Handung Kussudarsana pada tahun 1980. Karya Bondan dipentaskan dan disiarkan di sejumlah radio di Yogyakarta, seperti Retjo Buntung dan MBS Kotagede. 
 
Bondan juga pernah menulis naskah sandiwara ketoprak yang dipentaskan di TVRI pada 1999. Ada banyak rekam jejak dan kontribusi Bondan dalam berkesenian, termasuk memperoleh penghargaan sebagai aktor hingga sutradara dalam pertunjukkan ketoprak pada medio 1980-an.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif