Gerbang atau regol di terminal YIA. (Foto: Medcom.id/Mustaqim)
Gerbang atau regol di terminal YIA. (Foto: Medcom.id/Mustaqim)

Instalasi Seni di YIA Telan Biaya Rp60 Miliar

Nasional Bandara Yogyakarta International Airport
Ahmad Mustaqim • 04 Maret 2020 13:32
Kulon Progo: Sebuah gerbang setinggi lima meter berdiri megah di terminal lantai tiga Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bagi masyarakat Jawa, gerbang atau regol, identik dengan pintu masuk keraton.
 
"Memang insprasinya dari Keraton Yogyakarta. Kami buat unik seperti yang ada di keraton," ujar Manajer Proyek Pembangunan YIA Taochid Purnama Hadi, di YIA, Rabu, 4 Maret 2020.
 
Tak hanya regol, tampilan YIA juga dipercantik dengan sejumlah instalasi seni. Misalnya, ornamen berbahan batu granit yang dipasang di dalam terminal mirip Gumuk Pasir Pantai Parangtritis dan atap bandara dibuat menyerupai motif batik kawung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Pembangunan Bandara YIA Tinggal Enam Persen
 
Instalasi Seni di YIA Telan Biaya Rp60 Miliar
Instalasi seni di bagian dalam terminal YIA. (Foto: Medcom.id/Mustaqim)
 
Taochid menyebut instalasi seni di YIA menelan banyak dana, Rp60 miliar. Ada banyak bentuk ornamen yang diadopsi dari ikon-ikon wisata Yogyakarta.
 
"Seperti ornamen bunga wijaya kusuma di dinding pintu masuk ruang tunggu. Ornamen itu sebagai sambutan selamat datang bagi tamu dan para penumpang," sambung dia.
 
Kemudian, ada pula patung Bedhaya Kinjeng Wesi. Patung itu menjadi simbol visualisasi aktivitas penerbangan di YIA.
 
Menurut Taochid konsep instalasi seni di YIA mengusung tema Yogya Renaissance. Konsep itu menyiratkan kelahiran Yogyakarta sebagai wajah yang berbudaya.
 
“(Dananya) memang sangat besar, tapi tidak apa-apa, ini biar pengguna jasa pesawat ketika sampai sini bisa langsung merasakan atmosfer Jogja," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif