Simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau. ANT/Rony Muharrman
Simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pekanbaru, Riau. ANT/Rony Muharrman

Riau Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

Nasional kebakaran hutan Kebakaran Lahan dan Hutan
Rudi Kurniawansyah • 12 Februari 2020 13:22
Pekanbaru: Gubernur Riau Syamsuar menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla)hingga sembilan bulan ke depan. Status siaga darurat karhutla terhitung mulai 11 Februari hingga 31 Oktober 2020.
 
"Status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan di Riau ditetapkan," kata Syamsuar disaksikan sekretaris Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Harmensyah, melansir Antara, Rabu, 12 Februari 2020.
 
Dia menerangkan penetapan status siaga darurat tingkat Provinsi Riau dilakukan setelah tiga kabupaten/kota yaitu Bengkalis, Siak, dan Dumai telah menetapkan status serupa. Syamsuar menjelaskan karhutla telah terjadi di sejumlah daerah di Riau, terpantau sejak awal 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sedikitnya seluas 271 ribu hektare lahan ludes terbakar dengan jumlah titik panas di atas 70 persen mencapai 59 titik," imbuhnya.
 
Penetapan status siaga dari tiga daerah itu memenuhi syarat Riau untuk menetapkan status siaga darurat karhutla untuk tingkat provinsi. Dia melanjutkan dengan penetapan status siaga darurat karhutla, maka pemerintah pusat bisa mengirim bantuan ke Riau.
 
"Pemerintah pusat dapat mengirimkan pesawat pemadam kebakaran," jelasnya.
 
Selain itu, upaya penanganan karhutla dapat dilakukan dengan pembuatan hujan buatan melalui teknologi modifikasi cuaca (TMC). Kemudian penggunaan helikopter untuk water bombing serta pengiriman bantuan personel TNI dan Polri.
 

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif