Proses pemadaman karhutla di Riau. Foto: ANT/Rony Muharrman
Proses pemadaman karhutla di Riau. Foto: ANT/Rony Muharrman

Status Siaga Darurat Karhutla Riau Berakhir

Nasional Kebakaran Lahan dan Hutan
Antara • 31 Oktober 2019 18:40
Pekanbaru: Gubernur Riau Syamsuar menyatakan bahwa status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau berakhir hari ini, Kamis, 31 Oktober 2019. Status siaga tidak diperpanjang karena kondisi sudah jauh membaik.
 
"Mudah-mudahan tidak ada api lagi sampai November nanti," kata Syamsuar kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis, 31 Oktober 2019.
 
Satuan Tugas (Satgas) Karhutla Riau menggelar rapat evaluasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan pada 30 Oktober di Pekanbaru. Dalam evaluasi memutuskan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan tidak perlu diperpanjang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan Riau ditetapkan sejak 19 Februari 2019 dan berlangsung selama selama sembilan bulan. Syamsuar selaku Komandan Satgas Karhutla Riau menyatakan satgas tidak dibubarkan meski status siaga darurat tidak diperpanjang.
 
Satgas di tingkat provinsi dan kabupaten/kota diharapkan fokus menjalankan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Khususnya melakukan sosialisasi, agar warga tidak lagi membuka lahan dengan membakar.
 
Berdasarkan situs Sipongi milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau selama 2019 mencakup area seluas 75.871 hektare. Cakupan itu jauh lebih luas ketimbang karhutla tahun sebelumnya.
 
Tahun 2017 dan 2018 kebakaran hutan dan lahan di Riau berturut-turut mencakup area seluas 6.866 ha dan 37.236 hektare. Kebakaran hutan dan lahan di Riau tahun ini menimbulkan kabut asap.
 
Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana menunjukkan, hingga akhir September 2019 jumlah penderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) akibat kabut asap di Riau mencapai 275.793 orang.
 
Selain itu, kebakaran hutan dan lahan di Riau pada pertengahan September juga menyebabkan seorang kakek meninggal di Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir. Asap kebakaran hutan dan lahan di Riau juga sempat mencapai Singapura dan Malaysia, membuat Presiden Joko Widodo turun ke daerah berjuluk Bumi Lancang Kuning itu.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif