Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Usaha Kue Kering Warga Binaan Lapas Panen Cuan

Nasional UMKM Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) jawa tengah Lebaran 2022 Kue Lebaran
MetroTV • 04 Mei 2022 13:27
Pati: Pemandangan berbeda saat Ramadan terlihat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pati, Jawa Tengah (Jateng). Sejumlah warga binaan tampak cekatan memproduksi kue kering di Ruangan Sub-Seksi Kegiatan Lapas Pati.
 
Masing-masing dari mereka memiliki tugasnya sendiri. Ada yang membuat adonan nastar dan pastel, mengisi adonan nastar dengan selai, serta mengisi adonan pastel dengan abon. 
 
Adapula yang bertugas mengemas dan memberi label "Pasti SAE Cake & Bakery". SAE memiliki makna dalam Bahasa Jawa 'pasti bagus' atau 'pasti berkualitas'. Kepala Lapas Kelas IIB Pati, Febie Dwi Hartanto, mengatakan merek tersebut merupakan singkatan dari Lapas Pati Sarana Asimilasi dan Edukasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Febie, sebelum mengadakan kegiatan ini pihaknya melakukan survei untuk menentukan kegiatan apa yang paling menguntungkan. Bidang tata boga dipilih oleh petugas lapas. 
 
Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat dan warga binaan lapas. Dibuktikan dari jumlah pendapatan hasil penjualan.
 
"Selama bulan puasa saja itu hampir Rp40 juta untuk omzet kue keringnya," tutur Febie dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Rabu, 5 Mei 2022.
 
Baca: Tips dan Trik Membuat Selai Nanas pada Kue Nastar
 
Nanik, salah satu konsumen, mengetahui adanya produk hasil warga binaan dari temannya. Menurutnya, rasa dari kue kering tersebut tidak berbeda dengan yang dijual di pasaran. Harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau, sehingga Nanik dapat menjualnya kembali.
 
"Ada yang dijual lagi nanti disetorkan ke toko, kebetulan kan ini bersamaan dengan Lebaran dikasihkan ke tetangga sama pekerja," ujar Nanik.
 
Pelatihan akan kembali diadakan setelah Lebaran untuk meningkatkan kualitas produk. Pihak lapas berharap keterampilan produksi kue kering yang dimiliki dapat dijadikan modal bagi para warga binaan untuk berwirausaha. (Hana Nushratu)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif