Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke rumah siap kerja di Sanggar wayang Ki Warseno Slenk Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (9/10/2021). ANTARA/Aris Wasita
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke rumah siap kerja di Sanggar wayang Ki Warseno Slenk Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (9/10/2021). ANTARA/Aris Wasita

Pendapatan Pedagang Menurun, Sandiaga Segera Buka Kawasan Pasar Budaya Sangir

Nasional museum Sandiaga Uno Kemenparekraf jawa tengah
Whisnu Mardiansyah • 12 Oktober 2021 19:14
Sragen: Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno akan segera membuka tempat wisata di Kawasan Pasar Budaya Sangir, Sragen, Jawa Tengah. Hal itu disampaikan saat berkunjung ke Desa Wisata Sangiran, Desa Krikilan, Sragen, Jawa Tengah.
 
Saat mendatangi lokasi, Sandi dicegat puluhan ibu-ibu dari kelompok pedagang. Mereka mengeluhkan pendapatannya menurun sejak pandemi covid-19. Sebab Museum Manusia Purba Sangiran harus tutup selama dua tahun. Mereka terpaksa sampai harus menjual sapi untuk bertahan hidup.
 
Parni, wakil kelompok dagang bercerita kalau dia harus menjual dua ekor sapinya dan menjadi buruh jahit dengan penghasilannya Rp20 ribu per hari demi menopang kebutuhan sehari-hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menanggapi keluhan para ibu-ibu, Sandiaga memastikan kepada Bupati bahwa Pasar Budaya Sangiran akan dibuka kembali.
 
“Seperti yang Ibu Bupati infokan bahwa, pasar budaya Sangiran akan mulai dibuka per Selasa nanti, tapi tentunya harus meningkatkan protokol kesehatan,” kata Sandiaga.
 
Baca: Sandiaga Sebut Butuh Gerak Cepat Bantu Pelaku Seni
 
Sandiaga menjelaskan wisata di kawasan Sangiran akan dibuka secara bertahap. Parni meminta etalase para pedagang akan diseragamkan sehingga higienitas dagangan mereka terjaga. 
 
“Saya perintahkan Staff saya, bapak Hadi untuk menindaklanjuti masalah ini. Kami memiliki program BEDAKAN yang akan membantu pedagang untuk bisa meningkatkan dagangannya. Nanti akan kami pantau,” kata Sandiaga.
 
Mendengar solusi itu, Parni pun langsung mengucapkan terima kasih dengan mata berkaca-kaca dan berdoa semoga Sandiaga menjadi pemimpin yang amanah.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif