Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke rumah siap kerja di Sanggar wayang Ki Warseno Slenk Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (9/10/2021). ANTARA/Aris Wasita
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat berkunjung ke rumah siap kerja di Sanggar wayang Ki Warseno Slenk Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (9/10/2021). ANTARA/Aris Wasita

Sandiaga Sebut Butuh Gerak Cepat Bantu Pelaku Seni

Nasional Sandiaga Uno Menparekraf Kemenparekraf Seni dan Budaya Indonesia
Whisnu Mardiansyah • 10 Oktober 2021 22:00
Sukoharjo: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah. Dalam rangkaian kunjungan kerja itu, Sandiaga mengunjungi rumah siap kerja di Sanggar wayang Ki Warseno Slenk Kabupaten Sukoharjo, Sabtu, 9 Oktober 2021.
 
Menurut Sandiaga, pelaku seni salah satu yang paling terdampak selama pandemi. Dia mengatakan, butuh gerak cepat untuk membantu pelaku seni agar segera bangkit dan bisa menggelar pentas kembali.
 
"Dibutuhkan gerak cepat untuk membantu pelaku seni, terutama seni pewayangan," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Minggu, 10 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan upaya gerak cepat tersebut diwujudkan melalui program peningkatan ketrampilan, pendampingan, dan pelatihan agar bisa masuk era digitalisasi. Ia mentargetkan program ini keberlanjutan.
 
Baca: Sandiaga Sebut Gelaran HUT Kota Yogyakarta ke-265 Jadi Momentum Pemulihan Pandemi
 
"Dengan demikian, bagaimana UMKM dan wirausaha bisa buka lapangan kerja seluas-luasnya," katanya.
 
Mengenai rumah siap kerja tersebut, Sandiaga menyebut sebagai bentuk perhatian pemerintah agar pelaku seni bisa ikut program prakerja. "Program ini tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu, terutama untuk memasuki era pascapandemi covid-19," katanya.
 
Sandiaga menekankan pentingnya adaptasi pelaku seni untuk menyesuaikan kondisi terkini agar kalangan milenial tertarik menyaksikan pertunjukan seperti wayang kulit.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif