Terdakwa kasus dugaan penganiayaan terhadap remaja Bahar bin Smith mengangkat tangan saat sidang putusan. (ANT/M Agung Rajasa)
Terdakwa kasus dugaan penganiayaan terhadap remaja Bahar bin Smith mengangkat tangan saat sidang putusan. (ANT/M Agung Rajasa)

Bahar bin Smith Dipindah ke Lapas Gunung Sindur

Nasional penganiayaan anak
Antara • 10 Juli 2020 23:03
Jakarta: Terpidana kasus penganiayaan, Bahar bin Smith, telah dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Gunung Sindur Bogor, Jawa Barat. Bahar bin Smith sebelumnya menjalani masa penahanan di Lapas Kelas I Batu Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, sejak Selasa, 19 Mei 2020.
 
"Yang bersangkutan dipindah dalam keadaan aman dan sehat," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti, melansir Antara, Jumat, 10 Juli 2020.
 
Dia menerangkan, Bahar bin Smith berangkat dari Lapas Batu Nusakambangan pada Rabu, 8 Juli 2020, sekitar pukul 19.38 WIB. Kemudian tiba di Lapas Gunung Sindur pada Kamis,9 Juli 2020, pukul 04.00 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemindahan berdasarkan hasil asesmen PK Bapas bahwa yang bersangkutan dapat melanjutkan pembinaan di Lapas Gunung Sindur," ujar Rika.
 
Baca:Bahar Bin Smith Dipindahkan ke Lapas Nusakambangan
 
Sebelumnya, Bahar bin Smith bebas bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan Cibinong lewat program asimilasi pada hari Sabtu, 16 Mei 2020. Namun, pada Selasa, 19 Mei 2020, Bahar bin Smith kembali ditangkap setelah surat keputusan (SK) asimilasi yang sebelumnya diberikan dicabut.
 
Pencabutan karena Bahar bin Smith dinilai tidak mengindahkan dan mengikuti bimbingan yang dilakukan Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan Bogor. Selain itu, Bahar bin Smith disebut melakukan pelanggaran khusus selama menjalani masa asimilasi di rumah.
 
Bahar bin Smith dinilai telah melakukan sejumlah tindakan yang dianggap menimbulkan keresahan di tengah masyarakat saat pandemi covid-19. Yakni menghadiri kegiatan dan memberikan ceramah yang provokatif serta menyebarkan rasa permusuhan dan kebencian kepada pemerintah.
 
Selain itu, Bahar bin Smith juga dinilai melanggar aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di tengah pandemi covid-19. Yakni dengan mengumpulkan massa dalam pelaksanaan ceramahnya.
 

(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif