ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pesawat MAF di Intan Jaya Dipanah dan Dibakar Kelompok Bersenjata

Nasional papua kelompok sipil bersenjata kelompok bersenjata di papua
Roylinus Ratumakin • 07 Januari 2021 17:33
Jayapura: Pesawat milik perusahaan MAF jenis Twin Otter, call sign PK –MAK dibakar oleh sekelompok orang, pada Rabu, 6 Januari 2021, di Kampung Pagamba, Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Peristiwa itu dibenarkan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III, Letjen TNI Ganip Warsito.
 
“Kondisi ini diciptakan KKSB (Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata) untuk memberi rasa takut terhadap masyarakat. Hal ini sebagai tindak lanjut jauh sebelumnya, di mana pernyataan yang pernah dikeluarkan KKSB dengan mengancam setiap penerbangan sipil di wilayah Papua  maupun Papua Barat,” kata Warsito, Kamis, 7 Januari 2021.
 
Dia mengungkap, aksi dimulai dengan penembakan terhadap beberapa pesawat sipil. Dia mengungkap, beberapa hari lalu pun dilakukan penembakan terhadap helikopter PT Freeport Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Operasi Tinombala Dilanjutkan, Buru 11 Buron
 
“Kami mengimbau agar masyarakat jangan mudah terprovokasi oleh keberingasan KKSB. Tetap tenang dan membantu pemerintah untuk membangun Papua dan Papua Barat agar bisa maju dan sejahtera,” ujarnya.
 
Sementara itu, Base Manager MAF Nabire, Paul Iswanto, ketika dihubungi terpisah enggan menjelaskan peristiwa tersebut. Tapi, Paul membenarkan telah terjadi peristiwa tersebut.
 
"Kami sudah diminta untuk tidak menyampaikan informasi apapun ke publik, dan jika membutuhkan informasi dapat melalui MAF Sentani, di Jayapura," kata Paul, Kamis, 7 Januari 2021.
 
Paul mengungkap, kondisi pilot mengalami trauma berat atas kejadian tersebut. Saat ini, kata Paul, Pilot Alex Lupice telah diterbangkan ke Jayapura untuk perawatan medis dari pihak MAF Sentani.
 
Baca: KKB Serang Patroli TNI di Nduga
 
Sementara itu, salah seorang karyawan MAF Nabire yang enggan disebut namanya menerangkan, ada tujuh penumpang di pesawat tersebut. Namun, tiba-tiba ada rombongan datang langsung memanah pesawat.
 
"Mereka melakukan keributan serta menyerang pilot dan penumpang," katanya.
 
Dia menuturkan, pilot diancam dengan panah dan alat tajam lainnya. Beruntung, sang pilot diselamatkan oleh beberapa pendeta di lokasi kejadian.
 
“Sang pilot, Alex Lupice berkebangsaan Amerika Serikat (AS). Pesawat ini hendak bertolak dari Kampung Pagamba, Intan Jaya menuju Nabire,” ujarnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif