Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. (Istimewa)
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi. (Istimewa)

Pasien Covid-19 di Semarang Tersisa 7 Orang

Nasional jawa tengah Pasien Covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Booster
Media Indonesia.com • 19 April 2022 12:28
Semarang: Jumlah pasien covid-19 di Kota Semarang, Jawa Tengah, tersisa tujuh orang. Di samping itu, 12 dari 16 kecamatan di ibu kota Jawa Tengah, sudah zero kasus covid-19 dan vaksinasi booster terus dikebut guna mengantisipasi lonjakan kasus usai lebaran.
 
Pemerintah Kota Semarang terus mengebut pelaksanaan vaksinasi booster dengan menambah jumlah sasaran dari sebelumnya 5.000 orang per hari menjadi 10.000 orang per hari hingga membuka puluhan tempat layanan penyuntikan vaksin dosis ketiga,
 
Melansir Media Indonesia, antusiasme warga untuk lakukan vaksinasi penguat (booster) juga cukup tinggi dengan mendatangi berbagai tempat pelaksanaan vaksin. Tidak hanya pada pagi hari, warga juga mendatangi lokasi pelayanan vaksin yang beroperasi malam hari seperti di Pos Polisi Simpang Lima, Alun-Alun Kauman, dan beberapa masjid.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita buka layanan vaksinasi booster 24 jam di rumah dinas Wali Kota Semarang dan 62 tempat fasilitas kesehatan (faskes) seperti puskesmas, rumah sakit dan klinik," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam, Selasa, 19 April 2022.
 
Baca juga: Masyarakat Diminta Tetap Disiplin Prokes Selama Idulftiri
 
Selain tempat tersebut, jelas Abdul Hakam, pelaksanaan vaksinasi booster ditingkatkan hingga menyediakan 10.000 dosis setiap hari juga dilakukan di masjid-masjid, tempat umum dan di lingkungan warga termasuk door to door.
 
"Karena diprediksi usai liburan lebaran berpotensi terjadi kenaikan kasus hingga 500 orang dan (vaksinasi booster) sebagai langkah pencegahan dampak berdatangan pemudik," jelas dia.
 
Berdasarkan data, ungkap Abdul Hakam, saat ini tersisa tujuh warga Kota Semarang yang masih dirawat akibat terpapar covid-19, sedangkan sembilan pasien lainnya merupakan warga dari luar daerah yang dirujuk ke kota ini. 
 
"Jadi total yang masih dirawat ada 16 orang," tambahnya.
 
Baca juga:  Gibran Pesimistis Vaksinasi Booster Tercapai 70% Sebelum Lebaran
 
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan vaksinasi booster dilakukan di ibukota Jawa Tengah ini tidak sebatas untuk warga yang tinggal di kota ini, juga diberikan kepada pemudik yang sudah masuk tetapi belum lakukan suntik ketiga di daerah asal.
 
"Langkah memberikan vaksinasi booster untuk pemudik yang telah datang ini selain memenuhi syarat mudik, juga sebagai antisipasi terjadinya lonjakan kasus covid-19 setelah masa liburan lebaran mendatang," ujar Hendrar.
 
Kota Semarang saat ini, lanjut Hendrar Prihadi, hanya tersisa empat kecamatan terdapat pasien covid-19 yakni Banyumanik, Candisari, Gajahmungkur dan Semarang Barat. Sedangkan 12 kecamatan lainnya zero kasus.
 
"Saya berharap warga tetap mematuhi protokol kesehatan agar tidak terjadi lonjakan kasus," tambahnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif