Petugas Puskesmas Perbatasan Lega Sarana Transportasi Mulai Diperbaiki
Kepala Puskesmas Temanjuk Juraini. Foto: Dheri Agriesta/Medcom.id
Sambas: Kepala Puskesmas Temanjuk Juraini tak menyembunyikan wajah gembira ketika ditanya perihal akses jalan yang mulai dibangun dari pusat Kabupaten Sambas menuju Desa Temanjuk. Akses jalan ini memudahkan puskesmas merujuk masyarakat yang sakit parah.

"Ini dikatakan bagus baru sekitar tiga tahunan lah," kata Juraini di Puskesmas Temanjuk, Kecamatan Paloh, Sambas, Sabtu, 26 Mei 2018.

Juraini telah mengabdi di Puskesmas Temanjuk sejak 1995. Saat itu, salah satu cara mencapai Puskesmas Temanjuk adalah menyisir pesisir pantai dari pusat Kabupaten Sambas.


Perjalanan menyisiri pesisir pantai hanya bisa dilakukan pada pagi hari, ketika air pasang surut. Tak jarang, perjalanan menyisir pesisir pantai memakan waktu yang lama.

"Kalau menyisir pesisir laut lama jangka waktunya, enam jam itu sampai di (puskesmas) di kecamatan. Kalau lewat jalan (yang baru) dua jam sampai," jelas Juraini.

Apalagi, Puskesmas Temanjuk telah memiliki satu ambulans yang didapat pada 2016. Ambulans semakin memudahkan puskesmas mengirim masyarakat yang butuh perawatan lebih baik ke puskesmas di kecamatan.

"(Sekarang perubahannya) 200 persen lah, bukan lagi 100 persen. Kemarin itu akses jalan dan penerangan enggak ada, tenaga kesehatan hanya bidan, sekarang lebih baik," kata dia.

Baca: Kemenkes tak Ingin Puskesmas Perbatasan Tertinggal dari Malaysia

Hal serupa juga diungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo. Untung pernah mengunjungi Puskesmas Temanjuk pada 1984. Saat itu, puskesmas tersebut masih berstatus puskesmas pembantu.

"Dulu enggak ada (fery) penyeberangan, dulu pakai sampan, dayung kita. Jalan juga enggak ada," kata Untung sembari tertawa.

Puskesmas Temanjuk berada tak jauh dari pos perbatasan Indonesia dan Malaysia. Puskesmas ini dapat dicapai melalui jalur darat dari Pontianak.

Perjalanan dari Pontianak ditempuh sekitar sembilan jam.  Perjalanan pun didominasi jalanan yang masih buruk di beberapa titik.




(AZF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id