Kemenkes tak Ingin Puskesmas Perbatasan Tertinggal dari Malaysia
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo. Foto: Dheri Agriesta/Medcom.id
Sambas: Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Untung Suseno Sutarjo mengunjungi sejumlah puskesmas yang berada di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Untung tak ingin puskesmas di perbatasan kalah mentereng dibandingkan Malaysia.

"Puskesmas ini kan adalah daerah perbatasan, jadi kita mesti siapkan, perbatasan ini kan muka kita ya, etalase kita, kita mesti bikin bagus," kata Untung saat mengunjungi Puskesmas Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu, 26 Mei 2018.

Jarak antara Desa Temajuk dan perbatasan Malaysia sekitar lima kilometer. Puskesmas Temajuk baru diperbaiki pada 2016. Dulu, puskesmas ini berstatus puskesmas pembantu. 


Untung tampak senang melihat fasilitas yang dimiliki Puskesmas Temajuk. Hanya, ia mendapatkan keluhan tentang kekurangan sumber daya manusia di puskesmas itu.

Untung berjanji akan membenahi kekurangan tersebut. Karena, Puskesmas Temajuk hanya dikelola lima pegawai negeri sipil dan tujuh tenaga magang.

"Tadi saya sudah sampaikan, mungkin kita perlu tambah. Untuk ketahanan saya kira penting karena ini dekat dengan perbatasan," jelas Untung.

Puskesmas Temanjuk berada tak jauh dari pos perbatasan Indonesia dan Malaysia. Puskesmas ini dapat dicapai melalui jalur darat dari Pontianak.

Perjalanan dari Pontianak ditempuh sekitar sembilan jam. Perjalanan didominasi jalanan yang masih buruk di beberapa tempat.




(AZF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id