Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Somad. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno
Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Somad. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Wali Kota Depok Sangsi Wacana Provinsi Bogor Raya

Nasional pemekaran daerah Pemekaran Bogor Raya
Octavianus Dwi Sutrisno • 15 Agustus 2019 08:43
Depok: Wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya yang dilontarkan oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menimbulkan reaksi dari sejumlah wilayah di Jawa Barat. Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Somad sangsi dengan realisasi wacana tersebut.
 
Wacana pemekaran Bogor sebenarnya sudah lama muncul. Namun, pemekaran Bogor menjadi Bogor Barat dan Bogor Timur sendiri belum terlaksana.
 
"Sekarang, kan dalam proses pemecahan wilayah yaitu Bogor barat - Bogor timur dan lain lain, selesaikan dulu permasalahan ini, sebelum berwacana," Tegas Idris di Balaikota Depok, Kamis 15 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah Kota Bogor masih belum bisa memberikan solusi terkait pemisahan dua wilayah tersebut. Upaya pemekaran wilayah Bogor tersebut hingga kini belum terjadi walau sudah berjalan bertahun- tahun.
 
"Karena masalah itu, jelas ada dan sudah bertahun tahun, kemudian kebutuhannya juga jelas. Jadi itu dulu yang diselesaikan," bebernya.
 
Namun, dia menilai wacana Bogor memisahkan diri dari Jawa Barat tidak terlalu buruk. Beberapa waktu lalu sempat ada pembicaraan mengenai temuan masalah krusial di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Dari situ muncul usulan untuk Provinsi Jakarta Raya.
 
Permasalahan di wilayah Jakarta Raya sangat berkaitan tersebut mencakup sampah, kemacetan, dan sanitasi. Wacana pembentukan provinsi Jakarta Raya diharap bisa menjadi solusi yang karena masalah diselasaikan bersama secara komprehensif.
 
"Sempat (muncul wacana) saat itu. Ada keinginan untuk memunculkan Jabodetabek dipadukan. Tetapi kalau sekedar wacana saja tidak apa-apa, " pungkasnya.
 
Baca: Bogor Ingin Jadi Provinsi
 
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor saat ini sedang memantapkan rencana perluasan wilayahnya. Beberapa wilayah yang diusulkan masuk ke dalam rencana perluasan wilayah Kota Bogor itu antara lain Ciawi, Tamansari, Sukaraja, Ciomas, dan Dramaga.
 
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, opsi pembentukan Provinsi Bogor Raya itu sudah lama diwacanakan sejak tahun 2012. Menurut dia, wilayah-wilayah strategis yang bisa masuk ke dalam pembentukan Provinsi Bogor Raya itu adalah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Cianjur, dan Depok.
 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif