Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Pemkot Bekasi Usulkan Pengadaan Blangko KTP-el Mandiri

Nasional e-ktp ktp
Antonio • 28 Oktober 2019 17:41
Bekasi:Sebanyak 90 ribu warga Kota Bekasi, Jawa Barat, masih menggunakan surat keterangan (suket) karena nihil blangko KTP-el. Pemkot Bekasi telah mengusulkan ke Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri untuk mendapatkan kewenangan melakukan pengadaan blangkoKTP-el.
 
"Agar pengadaan bisa bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Bekasi," ujar kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi, Taufik Rachmat di Bekasi, Senin 28 Oktober 2019.
 
Namun, kata Taufik, permohonan pengadaan blangko KTP-el sumber APBD tidak bisa dikabulkan. Karena kewenangan pengadaan blangko berada di Ditjen Dukcapil Kemendagri sesuai Undang-undang Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menerangkan pihaknya telah mendistrikbusikan 500 keping blangko KTP-el setiap bulan. Dia menilai pengadaan blangko KTP-el oleh daerah dirasa perlu, dan Pemkot Bekasi menyatakan siap melakukan pengadaan.
 
"Iya sepanjang untuk kepentingan warga saya rasa kita mampu menyiapkan, yang penting kewenangannya diberikan," ujarnya.
 
Tak hanya Kota Bekasi. Sejumlah Kota dan Kabupaten di Indonesia mengusulkan pengadaan blangko KTP-el ditangani daerah masing-masing.Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang Selatan, Dedi Budiawan, mengaku siap melakukan pengadaan blangko KTP-el, dengan anggaran mencapai Rp3 miliar per tahun.
 
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menginginkan pencetakan blangko KTP-el.Keinginan tersebut untuk menjawab keluhan masyarakat yang belum memiliki kartu identitas.
 
"Pemkot Bandar Lampung selalu berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat untuk pembuatan KTP-el, salah satunya pelayanan gratis yang selama ini masih terkendala blankonya," kata Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung, A. Zainudin di Bandar Lampung, Minggu, 27 Oktober 2019.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif