Tangerang: Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta menerapkan pemeriksaan double x-ray di Terminal 3 Internasional. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan percepatan layanan barang bawaan penumpang dengan mengurangi antrean.
Kepala Kantor Bea dan Cukai Soekarno-Hatta, Gatot Sugeng Wibowo, mengatakan pihaknya mengambil inisatif menggagas program percepatan layanan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan bagasi penumpang sejak turun dari pesawat sampai diterima oleh penumpang.
"Dari double x-ray tersebut, semoga bisa melebihi hasil percepatan layanan bagasi kedatangan internasional pada 2023 yang sebesar 57,60%," kata Gatot, Minggu, 25 Februari 2024.
Gatot menuturkan kesuksesan program percepatan layanan bagasi penumpang telah memberikan dampak nyata bagi penumpang. Selain percepatan terhadap layanan bagasi, Bea Cukai Soekarno-Hatta juga turut mendorong peningkatan implementasi Electronic Customs Declaration (ECD), agar dapat diisi oleh penumpang sebelum kedatangannya di Bandara Soekarno-Hatta (ECD Origin).
"Pengisian ECD Origin penting dalam upaya meningkatkan kecepatan layanan penumpang karena akan mengurangi kepadatan penumpang di area pengambilan bagasi yang baru mengisi ECD. Keberhasilan pada 2023 selanjutnya akan dilakukan evaluasi untuk dapat dipilih strategi yang efektif guna mendorong peningkatan ECD Origin pada 2024 mencapai target 55%," jelasnya.
Gatot menjelaskan program yang telah dijalankan tersebut didukung oleh sistem manajemen antrean yang memberikan kenyamanan dan ketertiban penumpang. Saat ini, lanjutnya, telah tersedia antrean untuk crew maskapai/diplomatic/international event delegasi, serta antrean umrah/haji/wisata religi, dan antrian regular lainnya.
"Dengan program percepatan layanan bagasi dan peningkatan implementasi ECD Origin, didukung dengan sistem manajemen antrean yang memberikan kenyamanan dan ketertiban penumpang, Bea Cukai Soekarno-Hatta optimis dapat memberikan percepatan pelayanan penumpang dan barang bawaannya dengan tentunya tanpa meninggalkan aspek pengawasan," jelasnya.
Gatot berkomitmen pihaknya untuk melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan guna kepuasan masyarakat serta pemangku kepentingan.
"Saya imbau kepada masyarakat untuk selalu menaati segala ketentuan yang berlaku di Indonesia sebagaimana layaknya di peraturan negara-negara lain," ungkapnya.
Tangerang: Bea Cukai
Bandara Soekarno-Hatta menerapkan pemeriksaan double x-ray di Terminal 3 Internasional. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan percepatan layanan barang bawaan penumpang dengan mengurangi antrean.
Kepala Kantor Bea dan Cukai Soekarno-Hatta, Gatot Sugeng Wibowo, mengatakan pihaknya mengambil inisatif menggagas program percepatan layanan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan bagasi penumpang sejak turun dari pesawat sampai diterima oleh penumpang.
"Dari double x-ray tersebut, semoga bisa melebihi hasil percepatan layanan bagasi kedatangan internasional pada 2023 yang sebesar 57,60%," kata Gatot, Minggu, 25 Februari 2024.
Gatot menuturkan kesuksesan program percepatan layanan bagasi penumpang telah memberikan dampak nyata bagi penumpang. Selain percepatan terhadap layanan bagasi, Bea Cukai Soekarno-Hatta juga turut mendorong peningkatan implementasi Electronic Customs Declaration (ECD), agar dapat diisi oleh penumpang sebelum kedatangannya di Bandara Soekarno-Hatta (ECD Origin).
"Pengisian ECD Origin penting dalam upaya meningkatkan kecepatan layanan penumpang karena akan mengurangi kepadatan penumpang di area pengambilan bagasi yang baru mengisi ECD. Keberhasilan pada 2023 selanjutnya akan dilakukan evaluasi untuk dapat dipilih strategi yang efektif guna mendorong peningkatan ECD Origin pada 2024 mencapai target 55%," jelasnya.
Gatot menjelaskan program yang telah dijalankan tersebut didukung oleh sistem manajemen antrean yang memberikan kenyamanan dan ketertiban penumpang. Saat ini, lanjutnya, telah tersedia antrean untuk crew maskapai/diplomatic/international event delegasi, serta antrean umrah/haji/wisata religi, dan antrian regular lainnya.
"Dengan program percepatan layanan bagasi dan peningkatan implementasi ECD Origin, didukung dengan sistem manajemen antrean yang memberikan kenyamanan dan ketertiban penumpang, Bea Cukai Soekarno-Hatta optimis dapat memberikan percepatan pelayanan penumpang dan barang bawaannya dengan tentunya tanpa meninggalkan aspek pengawasan," jelasnya.
Gatot berkomitmen pihaknya untuk melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan guna kepuasan masyarakat serta pemangku kepentingan.
"Saya imbau kepada masyarakat untuk selalu menaati segala ketentuan yang berlaku di Indonesia sebagaimana layaknya di peraturan negara-negara lain," ungkapnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(DEN)