Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan saat jumpa pers kasus pembobolan kartu kredit. (Medcom.id/Amal)
Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan saat jumpa pers kasus pembobolan kartu kredit. (Medcom.id/Amal)

Artis Terlibat Pembobol Kartu Kredit Bakal Jadi Tersangka

Nasional hacker
Amaluddin • 28 Februari 2020 18:38
Surabaya: Enam artis yang terlibat kasus pembobolan kartu kredit atau carding terancam menjadi tersangka. Ancaman jadi nyata bila para artis mengetahui usaha yang di-endorse merupakan hasil membobol kartu kredit orang lain.
 
"Kemungkinan jadi tersangka ada," kata Kapolda Jawa Timur, Irjen Luki Hermawan, di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 28 Februari 2020.
 
Luki menerangkan ada enam artis diduga terlibat dalam kasus tersebut. Mereka adalah Jessica Iskandar, Tyas Mirasih, Gisella Anastasia, Boy William, Awkarin, Sarah Gibson, hingga Ruth Stefani.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polisi kini tengah mendalami peran para artis dalam kasus tersebut. Para artis tersebut digandeng untuk mempromosikan akun @tiketkekinian, sehingga meyakinkan korban yang memesan tiket via daring.
 
"Makanya masih kita dalami untuk memastikan sejauh mana peran mereka. Apakah yang bersangkutan betul-betul tidak tahu, pura-pura tidak tahu atau seperti apa. Ini yang masih kita dalami," ujarnya.
 
Baca:Peran Pelaku Pembobol Kartu Kredit Melibatkan Artis
 
Pihaknya segera memanggil para artis untuk diperiksa sebagai saksi pekan depan. Mereka akan dimintai keterangan untuk diketahui perannya.
 
Kasus bermula dari akun Instagram @tiketkekinian yang menawarkan promo tiket pesawat dan hotel. Namun tiket tersebut didapat dengan membeli menggunakan kartu kredit orang lain.
 
Polisi telah menangkap empat tersangka yakni berinisial SG, FD, MR, dan MK. Tersangka SG, FD, dan MK, merupakan pemilik agen travel yang menjual tiket maskapai penerbangan dan hotel. Sedangkan tersangka MR, merupakan orang yang bertugas melakukan carding.
 
Keempat tersangka dijerat Pasal 32 ayat (1) jo Pasal 48 ayat (1) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP dan/atau Pasal 56

 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif