ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Polda Sulsel Bongkar Prostitusi Online, 1 Muncikari Ditangkap

Muhammad Syawaluddin • 25 November 2022 23:00
Makassar: Unit Opsnal Siber Subdit V Ditreskrimsus Polda Sulawesi Selatan membongkar praktik prostitusi online di salah satu hotel di Kota Makassar. Satu orang diduga muncikari diringkus.
 
Dirkrimsus Polda Sulsel, Kombes Pol Helmi Kwarta, mengatakan pengungkapan prostitusi online tersebut setelah pihaknya melakukan rangkaian penyelidikan. Pengungkapan itu dilakukan di Jalan Boulevard, Kecamatan Panakkukang.
 
"Satu orang (muncikari) telah diamankan dan telah dilakukan penahanan," kata Helmi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 25 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Helmy menjelaskan prostitusi online tersebut beroperasi melalui aplikasi atau media sosial. Aplikasi tersebut digunakan oleh mucikari untuk menjajakan perempuan yang telah menjadi anggotanya.
 
Tak tanggung-tanggung, muncikari tersebut menjual para pekerja seks komersial itu mulai dari Rp2,5 hingg Rp7 juta. Harga itu hanya untuk sekali pelayanan dengan durasi waktu hingga dua jam.
 
Selain itu, para pelanggan juga disebut bisa melakukan pemesanan kencan selama 12 jam atau satu malam dengan biaya sebesar Rp13 juta-Rp15 juta. 
 
Baca: Begini Modus, Tarif, dan Kedok Pelaku Kasus Trafficking di Pasuruan

"Untuk pelayanan lebih lama seperti 12 jam hingga semalam maka harganya lebih tinggi," jelasnya.
 
Panit tim Unit Opsnal Siber Polda Sulsel, Ipda Mokhamad Rukin, mengatakan pihaknya akan terus melakukan penyisiran terhadap praktek prostitusi yang meresahkan masyarakat.
 
"Untuk masalah-masalah seperti ini kita komitmen akan berantas," ujarnya.
 
Bagi mucikari yang telah ditangkap, akibat perbuatannya diancam dengan Pasal 45 ayat 1 Juncto Pasal 27 ayat 1 Undang-undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif