Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

43 Ribu KPM di Kota Bogor Terima BLT BBM

Rizky Dewantara • 05 September 2022 22:30
Bogor: Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, akan memberikan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BBM) terhadap 43.353 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Bogor. BLT BBM akan disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Kantor Pos senilai Rp300 ribu.
 
"Kami telah mencatat ada 43.353 KPM di Kota Bogor yang akan menerima BLT dan kita akan pastikan dan awasi penyalurannya. Pemkot Bogor akan berkoordinasi juga dengan kantor pos dan camat lurah untuk memonitor penyaluran ini,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat, Senin, 5 September 2022.
 
Bima menjelaskan, Pemkot Bogor juga akan menyosialisasikan tentang penyesuaian harga BBM ini kepada publik. Pemkot akan menjalankan arahan dari pemerintah pusat, melalui jalur koordinasi di instansi masing-masing. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan melakukan briefing staf, kita akan koordinasikan itu kepada seluruh dinas, camat dan lurah terkait dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat," sebut Bima. 
 
Baca: Harga Lebih Murah, Disperindag Jabar Awasi Penjualan BBM di SPBU Vivo

Pemkot Bogor pun akan mengalokasikan anggaran Rp4,6 miliar untuk sopir angkutan dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai dampak kenaikan harga BBM.
 
"Kami tadi abis mengikuti rapat koordinasi dengan Pemerintah Pusat, dalam rapat tersebut, pemerintah pusat memerintahkan alokasi 2 persen dari dana alokasi umum (DAU). Pemkot Bogor akan alokasikan Rp4,6 miliar dan ini hitungan 2 persen dari DAU," kata Bima.
 
Ia menambahkan, anggaran Rp4,6 miliar digunakan untuk bantuan sosial di bidang transportasi dan UMKM yang terdampak kenaikan BBM bersubsidi.
 
"Anggaran tersebut kita akan serahkan nanti untuk pengemudi angkot, UMKM dan mungkin Ojol (ojek online)," sebutnya. 
 
Masih kata dia, untuk alokasi anggaran Rp4,6 miliar itu, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari Pemerintah Pusat. Melalui petunjuk teknis itu, Pemkot Bogor baru akan menghitung kisaran bantuan dan jumlah sasaran yang akan menerima bantuan. 
 
"Kita masih menunggu juklak juknisnya terkait dengan besaran dan bagaimana penyalurannya secara teknis, tapi dananya sudah siap yaitu Rp4,6 miliar," akunya.
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif