Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo

11 Pedagangnya Positif Covid-19, Pasar Gede Timur Ditutup

Nasional Virus Korona protokol kesehatan
Triawati Prihatsari • 30 November 2020 17:00
Solo: Pemkot Solo menutup Pasar Gede bagian timur selama tujuh hari mulai Selasa, 1 Desember 2020. Penutupan dilakukan setelah 11 pedagang diketahui terpapar covid-19.
 
"Pertimbangannya ditutup ya untuk memutus mata rantai covid-19. Ini menjadi peringatan untuk pedagang dan pembeli, kalau tidak mau pasarnya ditutup ya tertiblah memakai masker," kata Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, di Solo, Senin, 30 November 2020.
 
Penutupan pasar yang terletak di jantung Kota Solo tersebut dilakukan hingga 7 Desember 2020 mendatang. Selama penutupan, akan dilakukan pensterilan dengan penyemprotan disinfektan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, pedagang lain diminta untuk melakukan karantina mandiri selama penutupan. Mereka dilarang menggelar dagangannya di sekitar pasar.
 
"Setelah dilakukan tracing, awalnya tiga pedagang positif, kemudian bertambah delapan orang. Jadi diputuskan untuk ditutup. Pedagang lain harus karantina mandiri," papar Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Heru Sunardi.
 
Baca: Alat Penetralisasi Udara Jaga Pengungsi dari Ancaman Covid-19
 
Setelah diputuskan untuk menutup sementara Pasar Gede bagian timur, Disdag Solo langsung melakukan sosialisasi kepada Paguyuban pedagang sambil menunggu surat edaran resmi dibuat.
 
Heru menekankan dengan kejadian kali ini diharapkan warga terutama pedagang dan pembeli menerapkan protokol kesehatan lebih disiplin.
 
"Menerapkan protokol kesehatan, di antaranya memakai masker ya jangan cuma di pasar saja. Kalau di pasar tertib, tapi di luar pasar tidak ya sama saja," bebernya. 
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif