Ilustrasi pencarian zat radioaktif. ANT/Muhammad Iqbal
Ilustrasi pencarian zat radioaktif. ANT/Muhammad Iqbal

Menristek Pastikan Wilayah Batan Indah Bersih dari Zat Radioaktif

Nasional nuklir Limbah nuklir Bambang Brodjonegoro
Farhan Dwitama • 22 Oktober 2020 15:28
Tangerang: Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro, memastikan wilayah Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, telah bebas dari radiasi zat radioaktif. Dia mengatakan, kandungan radioaktif di daerah itu telah di bawah ambang batas yang ditetapkan.
 
"Status clearence, artinya daerah itu sudah bebas dari kandungan radioaktif. Sehingga sudah mulai bisa dipakai oleh warga, baik tamannya maupun haltenya," ucap Bambang, di Pusat Pemerintah Tangerang Selatan, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Dengan status clearence tersebut, maka kawasan lahan kosong di Perum Batan Indah dan sekitarnya telah aman dari paparan zat radioaktif. Termasuk, seluruh tanaman, air dan sebagainya telah dibawa ke Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Tiga Tersangka Baru Kepemilikan Zat Radioaktif
 
"Jadi sudah aman dan waktu itu juga pohon-pohon yang terkena itu sudah ditebang. Sehingga nanti tidak akan ada efek samping kepada warga di sekitar situ," tegasnya.
 
Bambang memastikan, kebocoran limbah radioaktif di lahan kosong Perum Batan Indah bukan akibat kebocoran dari pemanfaatan zat radioaktif. Melainkan ulah salah satu pegawai.
 
"Seharusnya limbah radioaktif itu ada prosedurnya, nantinya dibuang atau ditaruh di pusat limbah. Tidak boleh dibuang sembarangan," ucap dia.
 
Sebelumnya, area kosong di lahan Perumahan Puspiptek, Batan Indah di Jalan Raya Puspiptek, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, dinyatakan terpapar zat radio aktif oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) RI oleh Februari 2020.
 
Baca:Pemilik Zat Radioaktif Segera Disidang
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif