Dokter Aaron Rumainum saat menunjukkan bahwa dirinya telah divaksin covid-19. (Foto: Dok Pribadi)
Dokter Aaron Rumainum saat menunjukkan bahwa dirinya telah divaksin covid-19. (Foto: Dok Pribadi)

Vaksinator di Papua Suntik Vaksin Covid-19 ke Diri Sendiri

Nasional Virus Korona vaksin covid-19 Pencegahan Covid-19
Roylinus Ratumakin • 13 Januari 2021 14:34
Jayapura: Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Dokter Aaron Rumainum, yang merupakan tenaga penyuntik vaksin (vaksinator) melakukan vaksinasi covid-19 terhadap dirinya sendiri. Aaron merupakan orang pertama di Papua yang disuntik vaksin virus korona.
 
“Proses vakasinasi saya lakukan sendiri, karena saya adalah vaksinator. Ini saya lakukan dan memberikan edukasi kepada nakes (tenaga kesehatan) dan masyarakat agar tidak takut ketika nantinya divaksinasi,” kata Aaron, Rabu, 13 Januari 2021.
 
Aaron merupakan satu dari 14 orang yang akan menerima vaksin pertama di Papua. Kegiatan vaksinasi perdana akan dilakukan pada Jumat, 15 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Keluarga Kopilot Fadly Terima Santunan Rp50 Juta
 
Selain dirinya, ada Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Kabag Ops Polda Papua, Kepala DPPAD Papua, Wakil Wali Kota Jayapura, beberapa nama lain akan menerima vaksinasi covid-19. Tindakannya lebih dulu menyuntikkan vaksin ke tubuh untuk membuktikan bahwa vaksin tersebut aman.
 
"Saya pikir lebih baik saya disuntik dulu biar kalau terjadi apa-apa Pak Pangdam, Wakil Wali Kota aman, semua aman," ungkapnya.
 
Aaron mengakui belum tahu pasti ada atau tidaknya efek samping dari vaksin tersebut. Hanya saja ia merasa sebagai seorang tenaga kesehatan perlu memberi contoh dan memastikan apakah vaksin Sinovac berbahaya atau tidak.
 
"Saya bukan jagoan, saya masih berhubungan dan dekat dengan pasien covid-19, saya tidak tahu covid-19 ini kapan berakhir jadi mumpung ada vaksin gratis, ya sudah, saya suntik diri sendiri," ungkapnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif