Petugas BPBD melakukan patroli di lokasi banjir wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis, 5 Mei 2022. Dokumentasi/ istimewa
Petugas BPBD melakukan patroli di lokasi banjir wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis, 5 Mei 2022. Dokumentasi/ istimewa

Tiga Kecamatan di Purwakarta Banjir, Akses Jalan Permukiman Rusak

Nasional banjir cuaca ekstrem bencana alam Jawa Barat Hujan Deras
Deny Irwanto • 06 Mei 2022 00:22
Purwakarta: Banjir melanda tiga kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan aliran Sungai Cikao meluap pada pukul 18.00 WIB, Rabu, 4 Mei 2022.
 
Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan Tiga kecamatan terdampak peristiwa tersebut meliputi Kecamatan Babakan Cikao (Desa Kadu Mekar), Kecamatan Pondoksalam (Desa Sukajadi) dan Kecamatan Wanayasa (Desa Wanayasa).
 
"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purwakarta bersama tim satuan tugas gabungan yang terdiri dari SAR, TNI, Polri dan relawan lokal setempat membantu evakuasi warga  yang terjebak banjir sebanyak 12 KK ke kediaman kerabat terdekat dan di Aula Kecamatan Babakan Cikao," kata Muhari dalam keterangan pers, Kamis, 5 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Rumah Ditinggal Mudik di Tangsel Terendam Banjir
 
BPBD Kabupaten Purwakarta juga mencatat sebanyak tujuh unit rumah terdampak dan akses jalan permukiman warga mengalami kerusakan.
 
BPBD bersama aparat desa, Babinsa dan tim PLN melakukan kaji cepat ke lokasi terdampak termasuk pada akses jalan pemukiman warga yang mengalami kerusakan untuk segera dilakukan penanganan darurat sehingga jalan tersebut dapat berfungsi kembali sebagai akses mobilitas warga setempat.
 
"Kondisi terkini banjir sudah mulai surut dan BPBD setempat terus melakukan koordinasi terkait percepatan penanganan pascabanjir," jelas Muhari.
 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada waktu siang hingga malam hari yang berlaku mulai tanggal 5 sampai 7 Mei 2022 untuk beberapa wilayah di Provinsi Jawa Barat.
 
Wilayah tersebut meliputi Kabupaten Purwakarta, Kabupaten/Kota Bogor, Kabupaten/Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Karawang, Kabupaten/Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, Kabupaten/Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten/Kota Sukabumi, Kabupaten Garut, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar.
 
Sedangkan pada waktu dini hari untuk wilayah di Kabupaten/Kota Bogor, Kabupaten/Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Garut.
 
Kajian inaRisk juga menunjukan bahwa Kabupaten Purwakarta memiliki potensi bencana banjir pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 14 kecamatan.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif