Kondisi lahar dingin yang menerjang Tempursari dan Pasirian (Foto / Istimewa)
Kondisi lahar dingin yang menerjang Tempursari dan Pasirian (Foto / Istimewa)

Banjir Lahar Dingin Semeru Terjang Lumajang, 2 Kecamatan Terisolasi

Nasional banjir lahar gunung semeru Jawa Timur Gunung Semeru Meletus Gunung Semeru Erupsi
Clicks.id • 18 Januari 2022 06:43
Lumajang: Banjir lahar dingin Gunung Semeru kembali menerjang empat daerah aliran sungai di Lumajang, Jawa Timur, pada Senin 17 Januari 2022. Akibatnya, jalur Tempursari terputus. 
 
Selain itu, sejumlah warga di Kecamatan Tempursari dan Pasirian terjebak. Warga dua kecamatan itu terisolasi sementara, lantaran jembatan penghubung dua kecamatan tersebut tertutup material yang terbawa banjir.
 
Melansir Clicks.id, air bah datang cukup deras membawa material vulkanis seperti pasir dan bebatuan. Petugas dan relawan segera berjaga-jaga dan meminta warga yang berada di sepanjang aliran banjir menjauh

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Penendang Sajen di Gunung Semeru Ditahan
 
"Banjir kali ini lebih besar dari biasanya. Amplitudo di seismograf pos PGA Semeru, maksimal mencapai 35 milimeter dengan durasu 2,520 detik," kata salah seorang relawan, Jonny, Senin, 17 Januari 2022.
 
Jonny mengatakan, banjir lahar ini terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi di daerah puncak. "Banjir semakin besar karena ada letusan di atas," imbuhnya.
 
Untuk mengantisipasi bahaya, hingga Senin malam, petugas melarang warga untuk mendekati bibir sungai. Pasalnya, banjir susulan diprediksi akan kembali terjadi. 
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif