Banjir rencam lahan persawahan warga. Foto: Dok/Metro
Banjir rencam lahan persawahan warga. Foto: Dok/Metro

Ratusan Sawah Terendam Banjir di Baubau

MetroTV • 25 Juni 2022 19:34
Baubau: Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan ratusan hektar sawah di Kecamatan Bungi, Kota Baubau rusak parah diterjang banjir. Sekitar 200 hektar lahan persawahan milik warga di Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara bahkan terancam gagal panen.
 
Banjir yang terjadi di Kecamatan Bungi ini merupakan peristiwa berulang setiap musim penghujan tiba. Namun, aliran sungai yang ada di sekitar lahan persawahan seringkali tidak mampu menampung tingginya debit air hujan.
 
Meskipun telah dilaporkan ke Pemerintah Kota Baubau, namun upaya antisipasi banjir tidak kunjung terealisasi. Padahal, lahan persawahan di Kecamatan Bungi ini adalah kawasan persawahan andalan Kota Baubau.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tidak hanya lahan persawahan, banjir juga merendam rumah warga dan menutup badan jalan utama hingga arus lalu lintas di lokasi banjir sedikit terhambat. Hal ini membuat anggota kepolisian, TNI, warga, dan pemerintah kecamatan turun langsung ke lokasi untuk mengatur arus lalu lintas di lokasi banjir.
 
“Banjir ini karena sudah hujan deras sejak empat hari yang lalu. Puncaknya itu tadi pagi, menurut informasi dari para petani yang sudah kami hubungi, dari 700 hektar di kecamatan ini hampir setengahnya terendam banjir berhari-hari,” ujar Camat Bungi Hasran dalam tayangan Newsline di Metro TV pada Jumat, 25 Juni 2022.(Leres Anbara)
 
 
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif