Ilustrasi peretasan. Istimewa
Ilustrasi peretasan. Istimewa

Situs KPU Jatim Diretas, Muncul Kalimat Kecaman dan Foto Mahasiswi Bunuh Diri

Nasional hacker peretasan Mahasiswa Bunuh diri Jawa Timur
Amaluddin • 05 Desember 2021 16:35
Surabaya: Situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur diretas oleh pihak tidak bertanggungjawab, Minggu, 5 Desember 2021. Halaman resmi https://jatim.kpu.go.id/ itu, sempat tidak bisa dibuka, dan muncul kalimat nyeleneh dengan latar belakang warna hitam. 
 
Kalimat berisi kecaman terhadap kasus yang menimpa mahasiswi Novia Widyasari (NWR). "Spesial untuk anak haram bin anak an****," tulisan awal yang muncul dalam situs KPU Jatim. Terlihat pula peretas yang mengatasnamakan dirinya sebagai Fake Root, menuliskan tagar #RIP_AKHLAK #RIP_KEMANUSIAAN. 
 
Mungkin kau akan selamat di dunia tapi tidak untuk di akhirat. Sebanyak apapun harta mu tidak akan sanggup untuk menyogok keadilan Allah,"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, di laman utama KPU Jatim itu juga muncul foto korban yang dipeluk ibundanya, saat ditemukan meninggal di dekat pusara ayahnya di Mojokerto. Korban diketahui sudah meninggal, setelah meneguk racun. 
 
Baca: Kekasih NRW, Bripda Randi Jadi Tersangka dan Dipecat Tidak Hormat
 
Dikonfirmasi perihal tersebut, Anggota Bidang Teknis dan Penyelenggaraan KPU Jatim Insan Qoriawan, membenarkan bahwa situs KPU Jatim telah diretas. Ihsan mengaku pihaknya akan mengadukan hal ini segera ke bidang IT KPU Jatim.
 
"Saya baru tahu, coba saya laporkan ke bagian IT-nya ya," kata Ihsan. 
 
Seperti dimetahui, NWR ditemukan meninggal di dekat pusara ayahnya, Kamis, 2 Desember 2021. Korban diduga bunuh diri lantaran depresi akibat diperkosa kekasihnya, dan dipaksa aborsi sebanyak dua kali dalam kurun waktu 2020-2021.
 
Kekasih Novia, Bripda Randy Bagus, saat ini telah ditetapkan tersangka dan ditahan di Mapolres Mojokerto. Ia disangkakan sanksi etik dan Pasal 348 KUHP tentang aborsi, dengan ancaman hukuman paling lama 5,5 tahun penjara.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif