Sejumlah warga Desa Gunungsari, Kasreman, Ngawi, sedang mengantre bantuan air bersih dari BPBD Ngawi. ANTARA/Louis Rika
Sejumlah warga Desa Gunungsari, Kasreman, Ngawi, sedang mengantre bantuan air bersih dari BPBD Ngawi. ANTARA/Louis Rika

Puluhan Desa di Ngawi Ajukan Bantuan Air Bersih

Nasional kemarau dan kekeringan musim kemarau krisis air bersih
Antara • 28 September 2020 15:55
Ngawi: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menyatakan sudah 40 desa di sembilan kecamatan mengajukan bantuan pendistribusian air bersih akibat kekeringan.
 
Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ngawi, Teguh Puryadi, mengatakan pengiriman bantuan air bersih ke wilayah yang alami kekeringan itu dilakukan sejak Agustus lalu. Rata-rata setiap desa telah mendapat pasokan 15-20 tangki.
 
"Secara keseluruhan, bantuan yang telah disalurkan sejauh ini mencapai sekitar 600 tangki," kata Teguh di Ngawi, Senin, 28 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Korban Tewas Akibat Longsor di Tarakan 14 Orang
 
Dia menjelaskan sampai saat ini jumlah desa terdampak masih sesuai prediksi. Namun tidak menutup kemungkinan kekeringan meluas.
 
Salah satu desa terdampak kekeringan di Ngawi adalah Desa Gunungsari, Kecamatan Kasreman. Kondisi itu memaksa puluhan warga setempat berjalan sekitar tiga kilometer ke kawasan pegunungan untuk mendapatkan air demi kebutuhan mandi dan cuci.
 
Hal itu karena sumber air di rumah warga, seperti sumur telah kering. Sedangkan untuk dikonsumsi biasanya mereka membeli air di toko.
 
"Kalau dapat bantuan seperti ini harus dihemat karena cari air sekarang sulit," kata salah seorang warga desa setempat, Saminem.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, memetakan sedikitnya sembilan kecamatan di wilayahnya berpotensi mengalami krisis air bersih atau kekeringan pada musim kemarau.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif