Penanganan longsor di Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Kamis, 5 Maret 2020. ANTARA/HO - BPBD Banjarnegara
Penanganan longsor di Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Kamis, 5 Maret 2020. ANTARA/HO - BPBD Banjarnegara

Beberapa Lokasi di Banjarnegara Dilanda Longsor

Nasional bencana longsor
Antara • 06 Maret 2020 11:23
Banjarnegara: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah, menginformasikan bahwa cuaca esktrem pada Kamis, 5 Maret 2020 menyebabkan tanah longsor di sejumlah lokasi. Petugas juga telah diterjunkan ke lokasi untuk membersihkan material longsor.
 
"Kami telah mendapatkan laporan bahwa cuaca esktrem yang terjadi kemarin memicu beberapa kejadian longsor di sejumlah titik," kata Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara, Arief Rahman, di Banjarnegara, Jumat, 6 Maret 2020.
 
Arief menjelaskan anggotanya sudah melakukan koordinasi dengan instansi atau lembaga terkait agar penanganan bisa lebih cepat. Dari data sementara, tanah longsor terjadi di Desa Slatri, Kecamatan Karangkobar hingga menyebabkan tiga rumah warga rusak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu di ruas jalan kabupaten di Desa Sidengok, Kecamatan Pejawaran dan ruas jalan kabupaten di Desa Karekan, Kecamatan Pejawaran.
 
Tanah longsor juga terjadi di Desa Lebakwangi, Kecamatan Pagedongan yang mengakibatkan dua rumah warga terancam rusak dan sebagian bahu jalan penghubung antardesa tertutup material longsor.
 
"Selain itu longsor juga terjadi di sejumlah titik lainnya, ada sekitar 13 kejadian tanah longsor yang terjadi pada waktu yang hampir bersamaan yakni hari Kamis," jelas Arief.
 
Untuk itu Arief kembali mengingatkan seluruh warga setempat selalu meningkatkan kewaspadaan menyusul masih tingginya curah hujan. "Selalu waspada dan siaga namun jangan panik dan selalu melaporkan kepada pemerintah desa atau ke BPBD Banjarnegara bila menemukan adanya rekahan tanah di wilayahnya masing-masing," ungkap Arief.
 
Arief mengatakan jika pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah rawan tanah longsor. Ada lima kecamatan yang mendapatkan perhatian khusus karena dikhawatirkan rawan tanah longsor, yakni Wanayasa, Banjarmangu, Susukan, Pagentan, dan Punggelan.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif