Ilustrasi Gunung Semeru. Dokumentasi PVMBG.
Ilustrasi Gunung Semeru. Dokumentasi PVMBG.

Gunung Semeru Semburkan Awan Panas Sejauh 3 Kilometer

Nasional gunung meletus erupsi gunung
Antara • 03 Maret 2020 22:14
Malang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Jawa Timur menyebut Gunung Semeru mengeluarkan awan panas sejauh tiga kilometer. Gunung yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu pun masuk kategori level II (waspada).
 
"Guguran awan panas teramati dengan amplitudo maksimal 23 milimeter, dengan lama gempa hingga 540 detik," kata Sekretaris BPBD Kabupaten Malang, Jawa Timur, Bagyo Setiono, melansir Antara, Selasa, 3 Maret 2020.
 
Bagyo menuturkan semburan awan panas terjadi pukul 17.33 WIB. Luncuran awan panas mengarah ke Besuk Kembar dan Besuk Bang dari pusat guguran, jaraknya sekitar 750 meter dari kawah utama. Menurut dia, fenomena alam tersebut sudah sering terjadi dan kondisi saat ini masih aman dan terkendali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pencarian Hari Kelima Korban Longsor Tasikmalaya Masih Nihil
 
Namun, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan BPBD Kabupaten Malang tetap mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pada radius satu kilometer.
 
"Selain itu juga pada wilayah sekitar empat kilometer di sektor lereng selatan-tenggara yang menjadi jalur luncuran awan panas dari kawah utama," kata Bagyo.
 
Bagyo menambahkan masyarakat juga diharapkan selalu waspada terhadap potensi luncuran awan panas, khususnya di Kawah Janggring Saloko. Hal ini agar fenomena alam tersebut tidak menjadi bencana.
 
Berdasarkan Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Gunung Semeru meluncurkan guguran lava pijar sebanyak tujuh kali Sabtu, 29 Februari 2020. Jarak luncuran awan panas mulai 200 meter hingga 1.000 meter dari pusat guguran.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif