Anak pemudik bersepeda motor dari arah Jakarta terlihat mengantuk saat melintas di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Sabtu, 30 April 2022. ANTARA/Sumarwoto
Anak pemudik bersepeda motor dari arah Jakarta terlihat mengantuk saat melintas di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Sabtu, 30 April 2022. ANTARA/Sumarwoto

Puncak Arus Mudik Jalur Ajibarang Telah Terlewati

Nasional Mudik Lebaran Idulfitri 1439 H Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Antara • 30 April 2022 17:23
Banyumas: Puncak arus mudik di jalur Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang merupakan jalan penghubung jalur pantura dengan jalur tengah maupun selatan Jateng telah terlewati.
 
Kasat Lantas Polresta Banyumas, Kompol Arie Prayitno, mengatakan jumlah kendaraan yang melintasi jalur tersebut sudah semakin berkurang.
 
"Dari pantauan kami, arus mudik yang melintas di Ajibarang hari ini lebih landai daripada kemarin. Dengan demikian, puncak arus mudik di Ajibarang sudah berlangsung Jumat, 29 April siang sampai malam," kata Arie di Pos Pengamanan Ajibarang, Sabtu, 30 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 7 Juta Pemudik Tinggalkan Ibu Kota
 
Kendati demikian Arie mengimbau pemudik terutama yang menggunakan sepeda motor untuk beristirahat secara periodik sembari mengecek kondisi kendaraannya.
 
Selain itu berkendara sesuai dengan batas kecepatan yang telah ditentukan demi keselamatan sendiri maupun pengguna jalan lain.
 
"Jangan ngebut, apalagi yang memboncengkan istri dan anaknya. Jaga jarak aman," jelasnya.
 
Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie, mengatakan berdasarkan pencatatan petugas Dinhub, jumlah total kendaraan yang melintas di Ajibarang pada H-3 Lebaran atau Jumat (29/4), pukul 00.00 WIB hingga 24.00 WIB, mencapai 67.878 unit.
 
Dari jumlah tersebut sebanyak 51.173 unit di antaranya merupakan kendaraan yang masuk wilayah Banyumas, sedangkan yang keluar wilayah Banyumas sebanyak 16.705 unit.
 
"Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada arus mudik Lebaran 2019, terlihat ada peningkatan yang signifikan pada Lebaran 2022. Berdasarkan data, jumlah kendaraan yang masuk wilayah Banyumas pada H-3 Lebaran 2019 tercatat sebanyak 39.560 unit," kata Agus.
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif