Para pemudik mulai memadati pelabuhan Bakauheni sejak Jumat dinihari, 29 April 2022. Sehari seblemunya 40ribuan pemudik sudah masuk keBakauheni. (Foto:Lampos/Rustam Efendi)
Para pemudik mulai memadati pelabuhan Bakauheni sejak Jumat dinihari, 29 April 2022. Sehari seblemunya 40ribuan pemudik sudah masuk keBakauheni. (Foto:Lampos/Rustam Efendi)

H-3 Lebaran, Jumlah Pemudik di Bakauheni Membeludak Sejak Pagi

Nasional Mudik Lebaran Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Lampost • 29 April 2022 12:39
Kalianda: Ribuan kendaraan dan penumpang pejalan kaki mulai memadati Dermaga Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan, pada Jumat dini hari, 29 April 2022.
 
Berdasarkan pemantauan Lampost.co, ribuan pemudik kendaraan roda dua dan roda empat pribadi telah memadati dermaga arah keluar pelabuhan. Lonjakan penumpang pejalan kaki juga terlihat turun dari kapal memadati gang.
 
Membeludaknya pemudik terjadi sekitar pukul 04.14 hingga pukul 06.38, iring-iringan kendaraan dan penumpang pejalan kaki itu turun dari kapal yang sandar di dermaga 1, 2, dan 3.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


GM ASDP Cabang Bakauheni Suharto mengatakan, diprediksikan lonjakan penumpang terjadi pada H-3 dan H-2 mengingat selama dua kali Lebaran masyarakat tidak berkumpul dengan keluarga, dan kali ini baru diperbolehkan mudik.
 
"Prediksi hari ini dan besok terjadi peningkatan penumpang. Umumnya penumpang yang akan ke Sumatra didominasi oleh masyarakat sekitar Lampung sehingga kemungkinan hari ini mereka kembali ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran," katanya, tanpa merinci jumlah pemudik yang masuk ke Bakauheni.
 
Baca juga: Arus Mudik dari Aceh ke Sumut Mulai Padat
 
Namun, berdasarkan rekap data angkutan Lebaran Pelabuhan Bakauheni pada 28 April 2022 pukul 08.00 WIB, jumlah penumpang mencapai 40.449 orang. Rinciannya, penumpang pejalan kaki sebanyak 768 penumpang dan dalam kendaraan 39.681 orang.
 
Selain terjadi lonjakan penumpang dari Pulau Jawa, penumpang asal Sumatra menuju Pulau Jawa juga mengalami peningkatan. Namun lonjakan tersebut hanya didominasi oleh kendaraan roda empat, bus, dan truk.
 
"Penumpang yang menuju pulau Jawa terutama pengendara, hampir imbang dengan penumpang yang masuk ke Sumatra. Hanya saja pengguna motor dan pejalan kaki saja yang sedikit atau sepi ke luar Jawa," terangnya.
 
Lilis, 40, penumpang asal Serang tujuan Lampung Timur merasa senang karena Lebaran tahun ini bisa berkumpul dengan keluarga di kampung.
 
"Karena sudah dua tahun engak bisa mudik Lebaran dan engak bisa ngumpul bersama keluarga di kampung, dan tahun ini sudah diperbolehkan mudik, makanya ikut mudik," katanya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif