Pelukis sedang mengambar figur Soekarno bermasker. medcom.id/Amir,
Pelukis sedang mengambar figur Soekarno bermasker. medcom.id/Amir,

Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Seniman Jombang Lukis Bung Karno Bermasker

Nasional Hari Pahlawan soekarno Pahlawan Nasional
Amir Zakky • 10 November 2020 12:42
Jombang: Momentum Hari Pahlawan Nasional, diperingati berbeda oleh komunitas pelukis di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Mereka memilih melukis tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan, yang sedang mengenakan masker, di Alun-alun Kabupaten Jombang, Selasa 10 Oktober 2020.
 
Dengan mengambil tema pahlawan melawan covid-19, para pelukis yang tergabung dalam Komunitas Pelukis Jombang (KopiJo) ini, terlihat melukis bersama-sama secara on the spot. Sembari berjejer, para seniman baik dari usia remaja hingga dewasa, nampak dengan cekatan meliukkan kuas-kuas mereka di atas kanvas.
 
Dengan berbekal keahlian, para pejuang kemerdekaan yang dilukis, sebagian sedang menggenakan masker medis. Tokoh-tokoh tersebut, yakni proklamator Soekarno, Bung Hatta hingga Bung Tomo, yang dikenal sebagai pelopor gerakan 10 November, yang saat ini dikenal sebagai Hari Pahlawan Nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan, tokoh proklamator Bung Karno digambarkan mengenakan stelan jas warna hijau lengkap dengan peci hitam di kepala dengan latar belakang bendera merah putih. Masker yang dipakai Bung Karno dalam lukisan, diberi warna biru muda mirip dengan masker yang dikenakan oleh para medis.
 
Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Seniman Jombang Lukis Bung Karno Bermasker
 
Teguh Tristano, pelukis sosok Bung Karno mengenakan masker menyebut, lukisan sang proklamator itu ia gambarkan dalam situasi berjuang memerangi wabah covid-19. Figur Bung Karno sengaja dipilih, karena dianggap mewakili tokoh perjuangan lain dan masker, merupakan alat yang efektif untuk berjuang memerangi covid-19.
 
“Kebetulan hari pahlawan ini situasinya masih pandemi, jadi kita memakai tema pahlawan bertema pandemi. Nah, zaman dulu kita kan berperang melawan penjajah, sekarang perang melawan corona,” ujar Teguh Tristanto, sang pelukis figur Soekarno, saat dikonfirmasi.
 
Baca:Taman Makam Pahlawan Pekanbaru Jadi Sasaran Maling
 
Total ada 20 orang pelukis yang meramaikannya kegiatan ini, tak hanya KopiJo, melukis tokoh pahlawan bermasker ini juga diikuti puluhan seniman lain yang tergabung dalam Komunitas Seni Arek Jombang (Kosajo). Selain Bung Karno, Bung Tomo juga dilukis mengunnakan masker.
 
Menurut Ketua KopiJo Sugeng Hartobi, tema pahlawan melawan covid-19 diambil sebagai bentuk keprihatin para seniman terhadap suasana pandemi yang tak kunjung selesai. Apalagi, wabah covid-19 kini sudah membuat aktivitas warga tersendat dan membuat ekonomi negara terpuruk.
 
“Jadi kenapa tema yang diambil, karena diperingatan hari pahlawan saat ini sutuasinya berada ditengah-tengah pandemi. Jadi, kita ingin terus mengingatkan pada masyarakat, bahwa berjuang bukan hanya melawan penjajah, sekutu, namun juga melawan musuh tak terlihat, yakni covid-19,” jelasnya.
 
Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Seniman Jombang Lukis Bung Karno Bermasker
 
Dikatakan dia, lukisan para seniman kota santri ini rencananya akan dipamerkan di dalam Pendopo Kabupaten Jombang dan beberapa, akan diberikan ke Bupati Jombang Mundjidah Wahab.
 
"Lukisan itu sebagai bentuk sumbangsih para seniman dalam mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan di era pandemi covid-19, Jadi nanti akan kami serahkan ke Bupati Jombang," ujar Tobi.

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif