Pascabanjir, TNI dan warga bersama sama memperbaiki tanggul jebol dengan pasir karung di Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Pascabanjir, TNI dan warga bersama sama memperbaiki tanggul jebol dengan pasir karung di Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Sungai Babakan Brebes akan Dinormalisasi

Nasional longsor bencana longsor bencana banjir
Kuntoro Tayubi • 14 Januari 2020 20:06
Brebes: Banjir akibat limpasan Sungai Babakan di wilayah Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, merendam enam desa, Rabu petang, 8 Januari 2019. Hujan lebat yang mengguyur wilayah Brebes bagian tengah ini membuat air sungai meluap menggenangi warga.
 
Enam desa terdampak luapan air Sungai Babakan yaitu Desa Cikeusal Lor, Cikeusal Kidul, Pamedaran, Sindang Jaya, dan sebagian Buara, serta Desa Ketanggungan. Desa yang terdampak banjir merupakan desa yang berada di sepanjang aliran sungai tersebut.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes, Nuhsy Mansur, mengatakan pemerintah pusat menargetkan pekerjaan peninggian tanggul dan normalisasi Sungai Babakan sepanjang kurang lebih 14 kilometer. Pekerjaan tersebut akan dikerjakan dalam waktu 10 hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Selain faktor tanggul, sedimen di Sungai Babakan inilah yang mengakibatkan banjir kemarin. Setelah pekerjaan tanggul dan pengerukan Sungai Babakan, maka akan dilanjutkan penanaman pohon,” jelasnya, Selasa, 14 Januari 2020.
 
Nuhsy menjelaskan pemerintah telah menunjuk PT Wijaya Karya (Persero) untuk mengeruk dan pelebaran Sungai Babakan. Perkiraan biaya penanganan darurat, perhitungannya akan dilakukan setelah pekerjaan selesai.
 
Banjir bandang yang menerjang sejumlah wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akibat jebolnya tanggul Kali Babakan, sehingga merendam ribuan rumah warga di Kecamatan Ketanggungan dan jalur alternatif Pejagan-Purwokerto.
 
“Data BPBD Kabupaten Brebes, ketinggian banjir mencapai 50 hingga 150 sentimeter. Terdapat sekitar 2.500 rumah warga yang terendam dan sekitar 100 warga sempat mengungsi,’ pungkasnya.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif