Salah satu bangunan yang berdiri di lahan Bong Mojo, Solo. ANTARA/HO-Pemkot Surakarta
Salah satu bangunan yang berdiri di lahan Bong Mojo, Solo. ANTARA/HO-Pemkot Surakarta

Gibran Minta Polisi Kembangkan Kasus Jual Beli Lahan Eks Makam Bang Mojo

Antara • 25 Agustus 2022 19:15
Solo: Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meminta kepolisian mengembangkan kasus jual beli lahan bekas makam Bong Mojo di Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah.
 
"Yang jelas ada dua tersangka yang sudah ditangkap. Saya mohon kepada Pak Kapolres dan seluruh jajarannya untuk mengembangkan kasus ini," kata Gibran, di Solo, Kamis, 25 Agustus 2022.
 
Gibran meyakini kasus jual beli lahan bekas makam Bong Mojo di Kecamatan Jebres melibatkan lebih dari dua orang yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masih ada yang lain, tugasnya Pak Kapolres (Kapolresta Surakarta)," tambahnya.
 
Dari sisi Pemkot Surakarta, Gibran juga sudah menginstruksikan kepada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Perumahan untuk merobohkan bangunan yang berdiri di lahan bekas makam Bong Mojo tersebut.
 
Baca juga: Gibran Persilakan Dilaporkan Kembali atas Dugaan Korupsi dan TPPU

"Ya kan ilegal, ya nanti sik, penting wargane wis ngerti sik (yang penting warganya tahu dulu). Posisinya salah," tegasnya.
 
Selain itu, Pemkot Surakarta terus berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang bertugas melakukan pengukuran luas tanah.
 
Disinggung mengenai kemungkinan pemberian ganti rugi kepada warga yang sudah telanjur mendirikan bangunan di lahan bekas makam Bong Mojo, Gibran belum dapat memastikannya.
 
"Belum tahu," ujarnya singkat.
 
Sebelumnya, lahan bekas makam Bong Mojo yang dimiliki Pemkot Surakarta diperjualbelikan oleh oknum masyarakat dengan harga bervariasi.
 
Sejumlah warga yang merasa sudah membeli lahan tersebut, saat ini mulai mendirikan bangunan permanen maupun semipermanen di lokasi bekas makam Mong Mojo.
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif