Ilustrasi langit Kabupaten Bandung, Kamis, 21 Mei 2020. Dokumentasi/ warga
Ilustrasi langit Kabupaten Bandung, Kamis, 21 Mei 2020. Dokumentasi/ warga

Suara Dentuman di Bandung Bukan dari Aktivitas Gunung Api

Nasional ledakan
Roni Kurniawan • 21 Mei 2020 21:24
Bandung: Suara dentuman terdengar di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya, Kamis pagi, 21 Mei 2020. Badan Geologi memastikan jika suara dentuman yang terdengar bukan merupakan hasil dari aktivitas gunung api yang mengelilingi wilayah Bandung.
 
Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi PVMBG Badan Geologi, Hendra Gunawan, mengatakan tiga gunung api yang mengelilingi Bandung yakni Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Guntur, dan Gunung Gede tidak menunjukkan aktivitas erupsi pada hari ini.
 
"Kami dari pusat vilkanologi dan mitigasi bencana geologi menyampaikan informasi terkait glaktivitas gunung api di sekitar kota bandung sampai dengan hari ini, tidak dilaporkan adanya erupsi gunung api baik itu dari Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Guntur dan Gunung Gede," ujar Hendra dalam keterangan resmi melalui video yang diterima Medcom.id, Kamis, 21 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Warga Kabupaten Bandung Dengar Suara Dentuman dari Langit
 
Hendra mengaku mendapat laporan dari masyarakat di wilayah Kabupaten Bandung serta perbatasan dengan Kota Bandung adanya suara dentuman sebanyak enam kali. Bahkan ia pun mengaku mendengar suara tersebut namun belum mengetahui asal muasalnya.
 
"Masyarakat melaporkan adanya dentuman pada pagi hari termasuk di tempat tinggal saya dan beberapa staf yang tinggal didaerah Buah Batu dan Baleendah memang mendengar. Hanya dari pihak vulkanologi menyampaikan bahwa di Bandung Utara maupun Selatan tidak ada aktivitas gunung api," ungkapnya.
 
Akan tetapi ia memastikan, status tiga gunung api yang mengelilingi Bandung hingga kini dalam kondisi normal tidak ada aktivitas apapun.
 
"Dengan demikian saya jelaskan lagi, aktivitas dentuman yang ramai dibicarakan bukan berasal dari aktivitas erupsi gunung api," pungkasnya.
 
Sebelumnya, warga terutama yang berada di wilayah Kabupaten Bandung ramai memperbincangkan adanya suara dentuman keras sebanyak enam kali. Bahkan beredar video amatir yang direkam oleh warga adanya suara dentuman tersebut.
 
BMKG Bandung pun masih menganalisa dengan adanya suara dentuman tersebut. BMKG pun memastikan cuaca di Bandung cerah berawan saat terdengarnya dentuman tersebut.
 
"Perlu dianalisis penyebab suara dari faktor selain gempa, cuaca, dan petir," tegas Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Tony Agus Wijaya, dalam keterangan tertulis.

 

(ALB)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif