Panitia kurban di Masjid Raya Kijang, Bintan, Kepulauan Riau saat merawat seekor sapi kurban yang disumbangkan Presiden Joko Widodo (Nikolas Panama)
Panitia kurban di Masjid Raya Kijang, Bintan, Kepulauan Riau saat merawat seekor sapi kurban yang disumbangkan Presiden Joko Widodo (Nikolas Panama)

Presiden Kurban Sapi Limosin ke NTB

Nasional Idul Adha
Antara • 29 Juli 2020 19:40
Bintan: Presiden Joko Widodo menyumbangkan seekor sapi jenis limosin untuk masyarakat Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Sapi seberat satu ton itu akan diserahkan melalui Gubernur Kepro, Isdianto, kepada Bupati Bintan, Apri Sujadi.
 
"Besok, Kamis pagi acara seremonial Gubernur menyerahkan sapi itu kepada Bupati Bintan," ujar Kepala Bagian Kesra Pemkab Bintan Indra Gunawan di Bintan, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Dia menerangkan, sapi kurban tersebut akan disembelih di Masjid Raya Kijang, Bintan, pada Jumat, 31 Juli 2020, selepas salat Jumat. Daging sapi akan dibagikan kepada fakir miskin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Secara teknis pembagian sapi dari Presiden diatur oleh panitia kurban setempat," katanya.
 
Ia mengatakan semangat masyarakat Bintan untuk berkurban cukup tinggi di masa pandemi covid-19. Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Bintan cukup banyak yang berkurban, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.
 
"Bupati dan Wakil Bupati serta pejabat menyumbang 12 ekor sapi kurban atas nama Pemkab Bintan," tuturnya.
 
Rata-rata jumlah sapi kurban pada Iduladha tahun ini 15 ekor untuk setiap kecamatan. Sementara jumlah kambing untuk kurban jauh lebih banyak.
 
"Kami masih menghitung jumlah sapi yang dikurbankan untuk setiap kecamatan. Namun rata-rata 15 ekor," ucapnya.
 
Baca:Presiden Kurban Sapi Seharga Rp85 Juta di Aceh
 
Selain itu, Presiden Joko Widodo juga menyumbangkan satu ekor sapi jenis simental seberat 1,3 juta ton untuk warga Nusa Tenggara Barat (NTB). Sapi seharga Rp120 juta itu dibeli dari seorang anggota Kelompok Tani Ternak Berdikari, di Dusun Lendang Batu, Desa Sukamulia, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur, NTB, H Erman.
 
"Kami sudah laporkan ke Sekretariat Presiden melalui rapat secara virtual terkait penyerahan bantuan kemasyarakatan Presiden berupa sapi dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah pada Senin, 27 Juli 2020," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB, Hj Budi Septiani di Mataram, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Hewan kurban tersebut telah melalui proses seleksi dan pemeriksaan kesehatan oleh Balai Besar Veteriner (BBVET) Denpasar. Dari hasil pemeriksaan, sapi tersebut dinyatakan sehat serta tidak dijumpai penyakit yang menyertainya.
 
Budi mengatakan, sapi kurban dari Presiden Jokowi akan diserahterimakan oleh Gubernur NTB, H Zulkifliemansyah, mewakili pemerintah ke pengurus Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, Kota Mataram, usai pelaksanaan salat Iduladha 1441 Hijriah.
 
"Untuk pemotongannya akan dilaksanakan pada Sabtu, 1 Agustus 2020, bertempat di Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center Mataram," kata Budi.
 

(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif