Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran Solo digitalisasi puluhan ribu naskah kuno koleksinya. Digitalisasi dilakukan kerjasama dengan Epson Indonesia
Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran Solo digitalisasi puluhan ribu naskah kuno koleksinya. Digitalisasi dilakukan kerjasama dengan Epson Indonesia

Reksa Pustaka Pura Digitalisasi 3.132 Naskah Kuno

Nasional benda kuno
Triawati Prihatsari • 14 Februari 2020 15:04
Solo: Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, mendigitalisasi 3.132 naskah kuno. Digitalisasi dilakukan untuk mendukung pelestarian budaya sesuai Instruksi Presiden Nomor Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government.
 
Pengelola Naskah Kuno Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran Solo, Darweni, mengatakan total keseluruhan naskah yang didigitalisasi berjumlah 400.202 halaman. Dokumen-dokumen itu berusia sekitar 152 tahun.
 
"Sehingga sekarang kondisi dokumen-dokumen tersebut sudah sangat rapuh. Untuk itu perlu sekali dilakukan digitalisasi. Harapannya isi naskah dan buku tetap bisa dinikmati namun tidak merusak fisik aslinya," ujar Darweni, Jumat, 14 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Proses digitalisasi bekerja sama dengan Epson Indonesia dan PT. Unibless Indo Multi. Dokumen yang sudah dipindai nantinya dapat diakses menggunakan aplikasi Electroninc Filling System (EFS) bernama UNIDocSys.
 
Sementara itu, tahapan digitalisasi arsip yang dilakukan, di antaranya melalui persiapan perangkat pemindai, pemilahan arsip, implementasi alih media/digitalisasi, implementasi aplikasi Electronic Filling System (EFS), dan mengembangkan aplikasi Electronic Filling System (EFS).
 
Pihak Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran kata Darweni, juga menugaskan tim yang tim dari Jakarta dan Semarang untuk mendigitalisasi arsip. Arsip didigitalisasi, dan dijadikan format pdf.
 
"Hasil pemindaian itu kami edit dan dijadikan sebuah buku elektronik dengan aplikasi Flipbook yang sudah tertera nama buku, halaman di mana para pembaca akan dimudahkan dengan cukup memindahkan kursor ke kanan dan kiri jika ingin memindahkan halaman," imbuh Direktur PT Unibkess Indo Multi, Sylvie Selyn Sembiring.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif