Goa Sunyaragi Cirebon. Medcom.id/Ahmad Rofahan
Goa Sunyaragi Cirebon. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Objek Wisata Goa Sunyaragi Cirebon Dibuka Kembali Besok

Nasional objek wisata Wisata Alam Jawa Barat
Ahmad Rofahan • 13 November 2021 17:17
Cirebon: Lokasi wisata Taman Air Goa Sunyaragi Kota Cirebon, akan kembali dibuka besok, Minggu 13 November 2021. Tempat wisata ini sempat ditutup, pascakonflik antar pengelola dan Sultan Keraton Kasepuhan.
 
Bedanya, saat ini Goa Sunyaragi, tidak lagi dikelola oleh Badan Pengurus Taman Air Goa Sunyaragi (BP TAGS), namun langsung dikelola oleh Keraton Kasepuhan. 
 
"Hasil musyawarah memutuskan pengelolaan diserahkan ke Keraton Kasepuhan," kata Humas Badan Pengurus Taman Air Goa Sunyaragi (BP TAGS), Eko Ardi, Sabtu 13 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah ini, kata dia, pengelolaan dan tanggung jawab Goa Sunyaragi ada di Keraton Kasepuhan. BP TAGS tidak memiliki wewenang apa pun terhadap obyek wisata Goa Sunyaragi.
 
"Kami sudah serahkan ke patih sepuh SK yang dulu diterbitkan almarhum Sultan Sepuh ke XIV PRA Arif Natadiningrat," katanya.
 
Baca: Konflik dengan Keraton Kasepuhan, Wisata Goa Sunyaragi Ditutup
 
Eko mengakui, tidak ada evaluasi sejak kepemimpinan Sultan Sepuh ke XV PRA Luqman Zulkaedin. Evaluasi terakhir saat itu masih dipimpin PRA Arif Natadiningrat.
 
"Sudah lama sekali bahkan sultan sepuh yang sekarang belum pernah ada evaluasi," kata dia.
 
Sementara itu Patih Sepuh PR Gumelar Suryadiningrat prihatin dengan manajemen Goa Sunyaragi. Terlebih, persoalan ini menjadi sorotan masyarakat Cirebon dan luar Cirebon.
 
"Semoga ke depan lebih baik lagi setelah di kelola langsung oleh Keraton Kasepuhan," katanya.
 
Agum sendiri belum mengetahui siapa yang akan mengelola Goa Sunyaragi ke depan. Pihaknya akan bermusyawarah dengan keluarga keraton untuk memutuskan pengelola objek wisata tersebut.
 
"Belum ada. Nanti keputusannya musyawarah dengan keluarga," ujarnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif