Ilustrasi pembelajaran tatap muka. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Ilustrasi pembelajaran tatap muka. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Cara Dinkes Kota Tangerang Antisipasi Klaster Sekolah

Nasional protokol kesehatan Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka Kota Tangerang Klaster Covid-19 di Sekolah
Hendrik Simorangkir • 27 September 2021 16:10
Tangerang: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menggelar skrining tes covid-19 secara massal di tiap sekolah yang menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas. Skrining dengan sasaran siswa dan guru itu untuk mengantisipasi munculnya klaster baru penularan covid-19.
 
"Skrining tes covid-19 dengan swab PCR ini akan Dinkes gelar sepekan ke depan. Targetnya, per sekolah 50 sampai 100 sampel dengan sasaran siswa dan guru. Sedangkan per harinya sekitar 600 sampel yang akan dikirim ke laboratorium. Semoga hasilnya negatif semua," kata Kepala Dinkes Kota Tangerang, Dini Anggraeni, Senin, 27 September 2021.
 
Baca: Pabrik Ilegal di Yogyakarta Produksi Ratusan Juta Butir Obat Perbulan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dini menuturkan jika nanti ditemukan ada yang terdeteksi covid-19, pihaknya akan langsung melakukan tindakan lanjutan dengan tracing kontak erat di lingkungan kelas dan rumah yang bersangkutan.
 
"Dinkes pun sudah menyiapkan RIT (rumah isolasi terpadu) di Puskesmas Jurumudi Baru, jika dibutuhkan untuk tindakan isolasi mandiri," jelasnya.
 
Menurut Dini digelarnya skrining itu bukan lantaran adanya kasus covid-19 pada pelajar dan tenaga pengajar, melainkan untuk antisipasi tindak lanjut dari sebuah kasus.
 
"Pemkot Tangerang berharap hasilnya semua negatif, sehingga seluruh siswa dan guru bisa terus melanjutkan PTM terbatas, begitu juga mereka yang baru masuk PTM tahap tiga," ungkapnya.
 
Kepala SMPN 5 Kota Tangerang, Sudjiawati, menyambut baik program skrining massal ini. Dia mengaku dengan kegiatan ini minimal ia dapat mengetahui secara dini kondisi siswa dan guru, yang kini sudah dua pekan mengikuti PTM terbatas.
 
"Secara pengawasan, memang SMPN 5 Kota Tangerang telah menyediakan sarana prasarana pendukung prokes. Membentuk satgas covid-19, serta guru piket yang bertugas untuk mengawal, mengawasi dan memastikan kesehatan dan kepatuhan siswa dalam penerapan prokes sepanjang beraktivitas di sekolah," kata Sudjiawati.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif