Pihak kejaksaan bersama seluruh aparat memusnahkan barang bukti hasil sitaan dari 164 perkara di Kantor Kejari Mataram, NTB, Kamis, 18 Agustus 2022. ANTARA FOTO/Dhimas
Pihak kejaksaan bersama seluruh aparat memusnahkan barang bukti hasil sitaan dari 164 perkara di Kantor Kejari Mataram, NTB, Kamis, 18 Agustus 2022. ANTARA FOTO/Dhimas

Rp12,7 Juta Uang Palsu Dimusnahkan Kejari Mataram

Antara • 18 Agustus 2022 19:34
Mataram: Petugas Kejaksaan Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, memusnahkan uang palsu yang jumlahnya mencapai Rp12,7 juta bersama 7 ons sabu.
 
Kepala Kejari Mataram, Ivan Jaka, mengatakan uang palsu dan sabu ini merupakan barang sitaan dari 164 perkara yang kini sudah berkekuatan hukum tetap.
 
"Jadi, yang kami musnahkan ini barang bukti dari 164 perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap berdasarkan putusan hakim," kata Ivan di Mataram, Kamis, 18 Agustus 2022.
 
Baca: Bongkar Percetakan Uang Palsu, Polisi Tangkap 2 Tersangka

Perihal nominal lembaran uang palsu yang dimusnahkan dalam giat ini, Ivan menjelaskankan bahwa itu hasil pengungkapan penegak hukum untuk wilayah Kota Mataram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Uang palsu yang jumlahnya mencapai Rp12,7 juta ini terdiri dari 195 lembar dalam pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu," jelasnya.
 
Kemudian untuk barang bukti narkotika, selain sabu-sabu, ada juga ganja kering dengan jumlah 2,6 gram.
 
"Jadi untuk bukti narkotika yang kami musnahkan ini, baik sabu-sabu dan ganja kering, ini sisa bukti yang pernah dihadirkan dalam persidangan," ungkapnya.
 
Ada juga barang bukti narkotika lainnya yang turut dimusnahkan, yakni terkait psikotropika jenis obat daftar G, Tramadol dan Trihexyphenidyl.
 
"Tramadol 10 strip dan TrihexTrihexyphenidyl 320 strip. Ada juga 56 butir obat-obatan tanpa izin edar atau ilegal," beber Ivan.
 
Selain barang sitaan dari kasus narkotika dan uang palsu, pihak kejaksaan menghancurkan 43 unit telepon seluler dan sejumlah senjata tajam yang terbukti digunakan pelaku dalam aksi tindak pidana pencurian.
 
"Untuk senjata tajam kami musnahkan dengan cara dibakar," ujarnya.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif