Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pemkot Depok Siapkan RS Rujukan Korona

Nasional Virus Korona depok
Octavianus Dwi Sutrisno • 21 Maret 2020 05:00
Depok: Pemerintah Kota Depok mengambil langkah strategis menghadapi persebaran virus korona (covid-19). Dalam waktu dekat, Depok memiliki rumah sakit (RS) rujukan sendiri.
 
"Sedang menyiapkan beberapa rumah sakit di Kota Depok, dan akan segera ditetapkan sebagai rujukan. RSUD (Depok), belum (rujukan) namun menjadi tempat pemeriksaan awal dan sebagian pasien PDP menjalani perawatan disana hingga kini," kata juru bicara satun gugus tugas percepatan penanganan korona Kota Depok, Dadang Wihana di Kantor Balai Kota Depok, Sabtu 21 Maret 2020.
 
Baca:Balita Positif Korona di RSUP Dr Sardjito Dinyatakan Sembuh

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama ini, Depok merujuk pasien korona ke RS di Jakarta. Sementara jumlah pasien positif korona terus bertambah. Saat ini, pasien terkonfimrasi positif yakni 10 orang dan empat pasien dinyatakan sembuh.
 
Selain itu, pasien dalam pemantauan (PDP) berjumlah 36 orang, empat diantaranya dinyatakan negatif sementara 32 lainnya masih dalam pengawasan. Sementara jumlah orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 297 jiwa. Sebanyak 134 orang dinyatakan negatif, sedangkan 163 masih dalam pemantauan.
 
"Anggaran awal untuk penanganan covid-19, tengah dipersiapkan dari Belanja Tidak Terduga (BTT) dan mudah mudahan, untuk seluruh pengadaan peralatan yang mendesak segera direalisasikan," kata dia.
 
Dadang optimistis, RS rujukan Depok akan membantu penanggulangan korona. Pemkot juga menetapkan status tanggap darurat bencana covid-19 selama 73 hari mulai 18 Maret 2020.
 
Kebijakan-kebijakan khusus menyusul penetapan status darurat. Seperti meliburkan ASN, Pelajar, larangan kegiatan keagamaan yang bersifat massal atau berjamaah.
 
Selain itu penyemprotan disinfektan di area publik, berikut kantor pelayanan masyarakat telah dilakukan dan dalam waktu dekat. RS rujukan khusus di Kota Depok akan segera terealisasi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif