NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Balita Positif Korona di RSUP Dr Sardjito Dinyatakan Sembuh

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 20 Maret 2020 11:56
Yogyakarta: Seorang balita berusia 3,8 tahun di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta dinyatakan sembuh dari virus korona. Setelah melewati masa pengobatan, pasien tersebut telah melewati dua kali uji sampel terakhir dan dinyatakan negatif virus korona.
 
"Kabar gembira hari ini, kasus 1 telah dinyatakan negatif 2 kali, kondisi sehat dan telah diperbolehkan pulang oleh RSS (RS Sardjito)," kata juru bicara Pemerintah DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih lewat pesan singkat pada Jumat, 20 Maret 2020.
 
Baca: Balita Dalam Pengawasan Diisolasi RSUP Dr Sardjito

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Balita tersebut sebelumnya terjangkit virus korona usai diajak berkunjung ke Depok, Jawa Barat, pada 27 Februari hingga 3 Maret. Sepulang dari Depok, pasien itu mengalami gejala batuk dan pilek.
 
Balita tersebut kemudian masuk ruang isolasi RSUP Dr Sardjito pada Senin malam, 9 Maret 2020. Tiga hari berselang, balita itu dinyatakan positif terjangkit virus korona. Adapun kedua orang tua balita tersebut telah dinyatakan negatif korona setelah melewati uji lab.
 
Selama menjalani perawatan, pasien tersebut terus diberikan asupan makanan dan gizi tinggi untuk meningkatkan imun. "Pasien lewat orang tuanya diberikan edukasi untuk meningkatkan imunitas dengan hidup sehat. Tetap mengikuti imbauan pemerintah membatasi diri berkumpul dan keluar rumah," jelas Berty.
 
Saat ini masih ada tiga pasien positif virus korona di DIY. Satu pasien lama guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) berinisial ID, 58, yang dirawat di RSUP Dr Sardjito. Lalu dua pasien yakni di RSUD Kota Yogyakarta dan RSUD Panembahan Senopati Bantul. Adapun ada 18 pasien yang saat ini masih dalam proses menunggu hasil uji lab.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif