Petugas mengamati pergerakan sensus penduduk online di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta, Senin, 17 Februari 2020. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Petugas mengamati pergerakan sensus penduduk online di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta, Senin, 17 Februari 2020. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Tangsel Targetkan 80 Ribu KK Isi Sensus Online

Nasional Sensus Penduduk
Farhan Dwitama • 24 Februari 2020 09:23
Tangerang: Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang Selatan menargetkan 80 ribu dari 400 ribu kepala keluarga mengisi sensus penduduk online. Sisanya dilakukan melalui wawancara atau offline
 
"Target kita untuk SPO (sensus penduduk online) 20 persen atau 80 ribu kepala keluarga (KK) dari sekitar 400 ribu KK yang ada di Tangsel," terang Kepala BPS Kota Tangsel, Ahmad Widijanto, di kantornya, Jalan Raya Puspiptek, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Banten, Senin, 24 Februari 2020.
 
Dia mengklaim BPS Tangsel terus menyosialisasikan program SPO ke warga Tangsel melalui kantor kecamatan, kelurahan, dan komunitas. Tercatat, sebanyak 2.400 KK telah mengisi data selama sepekan dibukanya SPO.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari jumlah itu, baru sekitar 1.300 KK yang benar melakukan pengisian. Sisanya masih terdapat kesalahan dan kekurangan data seperti nomor akta yang lupa atau pengisian data yang terlewat," terang dia.
 
Baca:Pemkab Bekasi Minta Camat Sosialisasikan Sensus Penduduk
 
Ahmad mengaku masih ada perbedaan data kependudukan antara Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel dan BPS, terkait jumlah penduduk. Dia menyebut ada selisih 40 ribu KK.
 
"Dengan ini nanti akan terpetakan. Karena banyak warga penghuni Tangsel, tapi tidak ber KTP Tangsel," ucap Ahmad.
 
Dia melanjutkan nantinya warga yang belum melakukan SPO akan didata langsung. Pendataan dilakukan secara door to door.
 
"Jadi buat masyarakat terutama yang sibuk lebih baik mengisi online. Hanya mengisi NIK, dan KK nanti dia match tinggal isi kolom. Kalau untuk offline door to door nanti di Bulan Juli," ujarnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif