Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, MI/Haryanto Mega.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, MI/Haryanto Mega.

Ganjar Siap Divaksin Covid-19 Setelah Jokowi

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19 Ganjar Pranowo Vaksinasi covid-19
Mustholih • 06 Januari 2021 14:41
Semarang: Presiden Joko Widodo memerintahkan Gubernur se-Indonesia untuk menjadi orang pertama yang disuntik vaksin covid-19 di tingkat provinsi. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menegaskan siap menjalankan perintah Jokowi, dengan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin covid-19 di provinsi berpenduduk 37 juta jiwa tersebut.
 
"Saya kira perintah Presiden bagus, akan bisa menjadi contoh. Saya sendiri siap, mosok ora siap. Presiden saja siap, kok. Memang, tadi Presiden memberikan catatan menunggu izin dari BPOM, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa keluar," kata Ganjar, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Semula, sebelum diperintah Jokowi menjadi orang pertama disuntik vaksin covid-19 di Jateng, Ganjar mengaku sudah menyiapkan secara matang target pertama yang lebih dulu divaksin. Mereka adalah para tenaga kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sih memberikan banyak kesempatan kepada mereka yang berhak. Saya kira nantinya bupati dan wali kota bisa mengikuti setelah kami," ujar Ganjar.
 
Pada rapat terbatas bersama menteri dan gubernur, Presiden Jokowi memerinta seluruh daerah mempersiapkan betul rencana vaksinasi. Dalam rapat itu, Jokowi meminta agar kepala daerah disuntik vaksin covid-19 usai dirinya. Saat ini, Pemerintah masih menunggu izin edar darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
 
Baca: 177.784 Nakes di Jateng Akan Divaksin Covid-19 Tahap Pertama
 
"Kalau belum ada izin itu, kita belum akan melakukan vaksinasi. Tapi kami berharap cepat, sehingga minggu depan bisa dimulai," beber Ganjar.
 
Pada rapat tersebut, Ganjar turut mengusulkan kepada Presiden Jokowi untuk memanfaatkan alat pengecekan covid-19 buatan Universitas Gajah Mada (UGM) bernama GeNose C19. Ganjar menilai GeNose menjadi alat yang murah untuk proses penelusuran warga yang diduga kuat terpapar covid-19.
 
"Melihat pembahasan hari ini, terbukti bahwa memang terjadi peningkatan. Maka kita tidak perlu panik, yang harus dilakukan adalah testing dan tracing lebih massif," ujar Ganjar.
 
Sebab, kata Ganjar, dengan GeNose, proses tracing dan testing akan semakin mudah dan cepat. Dengan kecepatan itu, kata Ganjar, makan treatment bisa dilakukan dengan kilat.
 
“Lebih dari itu, ini cerita karya anak bangsa yang harus didukung," tegas Ganjar.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif